beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URsport

Jerman Tumbang Lawan Jepang

William Ciputra,
24 November 2022 22.38.40 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jerman Tumbang Lawan Jepang
Image: Timnas Jerman saat sesi foto sebelum kick off melawan Jepang. (Twitter/DFB_Team_En)

Jakarta - Kejutan demi kejutan terus terjadi dari arena Piala Dunia Qatar 2022. Jerman yang di atas kertas unggul secara materi pemain justru malah tumbang di hadapan Jepang. 

Laga pembuka Grup E menyajikan pertandingan antara Jerman melawan Jepang di Stadion Internasional Khalifa, Qatar, Rabu (23/11/2022). Laga ini berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan Jepang. 

Di atas kertas, Jerman sebagai pemegang status 4 kali juara dunia tentu diunggulkan. Namun Jepang justru keluar sebagai pemenang dengan cara comeback. 

Skuad Die Mannschaft menggebrak sejak peluit kick off dibunyikan. Namun, Jepang justru berhasil mengancam gawang Manuel Neuer pada menit ke-7 meski gol dianulir. 

Pada menit 30, Jerman mendapat hadiah penalti setelah David Raum dilanggar oleh kiper Jepang Shuichi Gonda. 

Ilkay Gundogan yang bertindak sebagai eksekutor pun berhasil menjalankan tugas dengan baik. Skor 1-0 untuk keunggulan Jerman bertahan hingga turun minum. 

Pada babak kedua, Jerman masih menguasai jalannya pertandingan. Namun, rapatnya pertahanan Jepang membuat skuad asuhan Hansi Flick kesulitan untuk menambah keunggulan. 

Pada menit 75, Jepang justru berhasil menyamakan kedudukan. Gol Jepang dicetak oleh Ritsu Doan dan memaksa Neuer mengambil bola dari gawangnya. 

Delapan menit berselang, Jepang secara mengejutkan berhasil menggetarkan gawang Neuer untuk kedua kalinya. 

Gol kedua Jepang ini dicetak oleh Takuma Asano yang memanfaatkan umpan matang dari Ko Itakura. Skor 1-2 untuk keunggulan Jepang bertahan hingga babak penuh. 

Secara statistik, Jerman unggul jauh. Mereka berhasil melesakkan 26 tembakan dengan 9 tembakan ke arah gawang. Sementara Jepang hanya 12 tembakan, dengan 4 di antaranya ke arah gawang. 

Jerman juga menguasai jalannya pertandingan dengan 74 persen penguasaan bola, 771 operan, dan 88 persen akurasi operan. 

Dengan hasil ini, Jepang bertengger di puncak klasemen sementara grup E 3 poin. Pertandingan grup E berikutnya akan berlangsung sesaat lagi antara Spanyol vs Kosta Rika.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait