beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Kenapa Setir Mobil Bisa Terasa Berat Saat Dikemudikan?

Hanisa Sutoyo,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kenapa Setir Mobil Bisa Terasa Berat Saat Dikemudikan?
Image: Freepik/yanalya

Jakarta - Pada bagian kemudi mobil terdapat teknologi power steering yang berfungsi mengendalikan roda kemudi jauh lebih mudah. Sehingga, saat kamu memutar setir mobil akan terasa ringan. 

Namun, setir mobil dapat bermasalah dan tiba-tiba akan terasa berat saat mengoperasikannya loh, Urbanreaders. Hal ini bisa terjadi, salah satunya karena ada kerusakan pada power steering. 

Melansir Suzuki, penyebab dari masalah ini bisa saja berasal dari bagian lainnya. Kira-kira apa saja? Yuk, simak daftar berikut!

1. Dua Ban Depan Tidak Sejajar

Disebut sebagai Front Wheel Alignment (FWA), pengaturan posisi yang tepat pada ban depan ini akan membuat setir jauh lebih ringan. Namun, roda ini bisa berubah posisinya menjadi tidak sejajar akibat penggunaan terus menerus nih.

Kondisi ini terjadi biasanya karena kamu jarang melakukan servis, khususnya spooring. Servis jenis ini satu-satunya solusi untuk mengatur setir jadi ringan kembali.

2. Komponen Long Tie Rod Rusak

Komponen besi panjang ini akan menghubungkan output dari rack steer pada steering knuckle. Ujung dari besi panjang ini bekerja sebagai engsel, sehingga lebih sering terjadi kerusakan. Penyebabnya bisa karena mobil kamu terlalu sering melewati jalanan rusak dan tikungan tajam.

Gejala kerusakan ini ditunjukkan dengan setir terasa berat dan bergetar ya, Urbanreaders. Selain itu, timbul suara-suara yang cukup mengganggu. Jika sudah terjadi, maka kamu harus mengganti inner tie rod secara keseluruhan.

3. Melemahnya Tekanan Power Steering

Tenaga untuk menggerakkan ban salah satunya datang dari pompa yang ada pada sistem power steering. Pompa ini berada di dalam kap mesin dan memiliki usia penggunaan nih. 

Ketika rusak, otomatis tekanan yang dihasilkan akan berkurang dan output pun menurun sehingga kamu merasa berat ketika memutar setir. Pompa power steering yang sudah tidak bisa bekerja harus diganti dengan yang baru dan bukan yang bekas ya, Urbanreaders, hal ini bisa berpengaruh pada performanya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait