Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Kentucky Dihantam Tornado, Bandara Danvil-Boyle hingga Pesawat Hancur

Griska Laras,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kentucky Dihantam Tornado, Bandara Danvil-Boyle hingga Pesawat Hancur
Image: Kondisi Bandara Danville-Boyle usai diterjang tornado/Facebook Danville-Boyle County Airport

Danville-Boyle - Tornado yang melanda beberapa negara bagian Amerika Serikat turut menghancurkan Bandara Danville Boyle di Kentucky, Sabtu (11/12/2021) waktu setempat. 

Kerusakan yang disebabkan fenomena alam ini sangat parah, tercatat 3 hanggar T dan beberapa pesawat hancur. 

Berdasarkan laporan pihak Danville-Boyle County Airport, tornado melanda wilayah bandara sekitar pukul 4 pagi dan membuat hampir seluruh bangunan rata dengan tanah. 

Bandara pun akan ditutup hingga waktu yang belum diketahui meski tidak ada korban jiwa di lokasi tersebut.

“Bandara diterjang angin puting beliung sekitar pukul 04.00 pagi tadi. Tiga hanggar T kami rata dengan tanah. Untungnya tidak ada yang terluka akibat bencana tersebut,” demikian pengumuman di situs Facebook Danville-Boyle County Airport. 

Gubernur Kentucky Andy Beshear, mengatakan angin puting beliung yang telah melintasi Illinois, Missouri, Arkansas, dan Tennessee ini merupakan bencana paling parah dalam sejarah Kentucky. 

“Ini adalah salah satu malam terberat dalam sejarah Kentucky, beberapa daerah yang dilewati mengalami kerusakan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata,” kata News Observer. 

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden, menyebut bahwa tornado yang melanda Arkansas hingga Kentucky merupakan salah satu bencana angin puting beliung yang terbesar sepanjang sejarah negara ini.

“Ini kemungkinan akan menjadi salah satu bencana tornado terbesar dlam sejarah kita,” kata Joe Bidden dalam situs Whitehouse, Senin (13/12/2021). 

“Saya telah menelepon gubernur dari masing-masing negara bagian, dan menekankan bahwa pemerintah federal akan melakukan segalanya untuk membantu. 

Biden juga telah mengerahkan Federal Emergency Management Agency (FEMA) untuk mengerahkan tim ke lima negara bagian untuk mengevakuasi dan mencari korban yang masih hilang. Menurut Divisi Manajemen Darurat Kentucky, tornado telah melintas sejauh 223 mil dan menewaskan ratusan orang.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait