menu
user
URtech

Lab Riset COVID-19 Oxford Diserang Hacker

Afid Ahman,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Lab Riset COVID-19 Oxford Diserang Hacker
Image: Ilustrasi hacker. (Pixabay)

London - Menanggapi laporan Forbes belum lama ini, Universitas Oxford membenarkan kalau salah satu laboratorium penelitian COVID-19 terkena serangan siber.

Lab tersebut adalah bagian dari divisi Structural Biology Oxford atau yang dikenal dengan Sturbi.

Tak ada indikasi bahwa laboratorium atau penelitiannya memiliki hubungan langsung dengan pengembangan vaksin COVID-19 yang dilakukan oleh Oxford Vaccine Group dan Jenner Institute.

Kendati demikian, belum diketahui secara persis data apa yang mungkin telah disusupi hacker. Apakah tujuan mereka untuk mencuri data lab yang berharga atau berpotensi menyabotase penelitian yang sedang berlangsung.

Oxford menyebut beberapa mesin yang diakses termasuk perangkat pemurnian untuk menangani sampel biokimia, beberapa di antaranya termasuk protein yang digunakan dalam penelitian virus corona yang sedang berlangsung.

"Kami telah mengidentifikasi dan mengatasi masalah tersebut dan sekarang sedang menyelidiki lebih lanjut," kata juru bicara Universitas Oxford.

"Tidak ada dampak pada penelitian klinis apa pun, karena ini tidak dilakukan di daerah yang terkena dampak," lanjutnya.

Saat ini Oxford mengaku telah menghubungi Pusat Keamanan Siber Nasional (NCSC) Inggris, yang mengatakan sedang melakukan penyelidikan. 

"Kami mengetahui insiden yang mempengaruhi Universitas Oxford dan bekerja untuk memahami sepenuhnya dampaknya,” kata juru bicara NCSC.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait