menu
user
URnews

Lansia dan Pekerja Wisata di 10 Wilayah Bisa Vaksin Gratis Secara Drive-Thru

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Lansia dan Pekerja Wisata di 10 Wilayah Bisa Vaksin Gratis Secara Drive-Thru
Image: Ilustrasi lansia divaksin. (Freepik/toa55)

Jakarta – Masyarakat lansia berumur 60 tahun keatas serta pekerja wisata di 10 kota di Indonesia bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19 gratis secara drive-thru yang dilakukan Alodokter, Homecare24, Medithru, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf).

10 wilayah yang dituju oleh program ini diantaranya Jakarta, Parapat (Sumatera Utara), Magelang, Yogyakarta, dan wilayah lain yang sedang dijadwalkan. Inisiatif ini diharapkan dapat membantu percepatan program vaksinasi pemerintah sehingga Indonesia dapat segera pulih dari pandemi. 

Vaksinasi akan dilakukan secara drive-thru guna hindarkan kerumunan serta terjaganya pelaksanaan protokol kesehatan dengan ketat. 

Nah, bagi masyarakat yang berminat bisa membuat janji jadwal vaksinasi gratis ini dapat mulai dilakukan tanggal 10 Maret 2021 di aplikasi Alodokter.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengatakan, pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terdampak pandemi di Indonesia.

Penurunan jumlah wisatawan baik mancanegara maupun domestik dengan signifikan telah melumpuhkan perekonomian masyarakat yang berada di titik-titik wisata Indonesia.

“Sudah menjadi misi Kemenparekraf RI di masa pandemi ini untuk segera memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap berwisata sesegera mungkin tanpa mengesampingkan protokol kesehatan ketat,” Kata Sandiaga Uno.

Bagi lansia yang hendak mengikuti program ini sangat mudah. Peserta harus berumur diatas 60 tahun dapat menunjukkan KTP domisili wilayah titik vaksinasi dan sekitarnya. 

Sementara bagi bagi pekerja wisata, diwajibkan untuk menunjukkan identitas kartu pekerja wisata ketika melakukan pendaftaran. 

Alodokter memahami bahwa tidak cukup hanya sampai telah menerima vaksin, namun perlu disediakan medium apabila ada penerima vaksin ingin pertanyaan seputar vaksin COVID-19 dan tindakan berikut yang harus diambil setelah divaksin. 

Untuk kebutuhan ini Alodokter telah menyediakan fasilitas bertanya melalui chat dokter di aplikasi Alodokter sehingga setiap penerima vaksin dapat melakukan telekonsultasi sekiranya dibutuhkan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait