Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtrending

Laporan Diterima Polisi, Sunny Dahye Usut Pemilik Akun @sunnyisaliar2

Nivita Saldyni,
13 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Laporan Diterima Polisi, Sunny Dahye Usut Pemilik Akun @sunnyisaliar2
Image: Sunny Dahye (YouTube/SunnydahyeIn)

Jakarta - YouTuber Sunny Dahye akhirnya kembali muncul setelah lama hiatus usai dituding melakukan sejumlah kebohongan oleh akun Instagram @Sunnyisaliar2. Lewat video terbarunya, kuasa hukum Sunny mengatakan bahwa pihaknya sudah melayangkan laporan ke kepolisian dan kini sudah masuk tahap penyelidikan.

“Kami sudah menerima SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan) dan menyatakan laporan diterima dan kasus ini berlanjut,” kata Ditho Sitompoel, kuasa hukum Sunny Dahye seperti yang dikutip dari video YouTube terbaru Sunny, Minggu (10/10/2021).

Dalam SP2HP yang dibagikan itu, diketahui bahwa Sunny dan kuasa hukumnya telah memasukkan laporan ke polisi dengan Nomor : LP/B/515/VIII/2021/ SPKT/POLRES METRO JAKUT/POLDA METRO JAYA. Adapun laporan itu ditujukan atas dugaan tindak pidana pencemaran nama baik dan/atau pengancaman melalui media elektronik yang dilakukan oleh pemilik akun Instagram @Sunnyisaliar2.

“Saat ini polisi sedang melakukan investigasi dan penyelidikan, bahkan sampai mengirimkan surat ke Facebook untuk mencari tahu akun-akun ini karena jelas bahwa Facebook dan Instagram sekarang kan sudah satu grup, mereka sangat melindungi data privasi. Tapi perlu diketahui bahwa adanya MoU antara Facebook dan kepolisian di Indonesia, aabila aparat penegak hukum melihat adanya laporan polisi ataupun pelanggaran-pelanggaran hukum yang terjadi di media sosial, maka kepolisian bisa meminta akses kepada Facebook maupun Instagram untuk mengetahui siapa nih akun-akun ini,” jelas Ditho panjang lebar.

Sementara itu, Philipus Sitepu menambahkan ada beberapa pasal yang dikenakan pihaknya. Antara lain Pasal yang dikenakan adalah Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) dan/atau Pasal 45 ayat (4) Jo Pasal 27 ayat (4) dan/atau Pasal 310 KUHP dan/atau Pasal 311 KUHP.

Namun tak hanya melaporkan akun Instagram @Sunnyisaliar2, pihaknya juga turut mempolisikan beberapa akun Instagram dan Twitter lainnya yang turut membully bahkan mengancam Sunny.

1633850878-laporan-Aunny-ke-Polres-Metro-Jakut.jpgSumber: Bukti laporan kepolisian Sunny Dahye sudah diterima dan dalam proses penyelidikan. (YouTube/SunnydahyeIn)

"Sebenarnya Sunnyisaliar ini kan yang pertama kali buat ini menjadi viral. Sehingga masyarakat yang tidak riset akhirnya membully Sunny," kata Philip.

Untuk itu, pihaknya pertama kali akan mencari sosok yang bersembunyi di balik akun Instagram @Sunnyisaliar2 yang dinilai sudah mencemarkan informasi yang tak mendasar tentang Sunny Dahye.

"Kalau dari kami kenapa mau bawa kasus ini ke mata hukum sampai bikin laporan polisi, jelas yang pertama kami mau memberikan edukasi ke masyarakat. Kami niatnya bukan mau menghukum orang kok. Kami niatnya memberikan edukasi agar masyarakat, dalam hal ini orang yang kami laporkan, bisa mempunyai pemikiran ke depannya supaya jangan gampanglah membully orang karena sikap dan sifat dari orang bullying itu bisa berdampak yang sangat berat bagi si korban," kata Dhito.

"Itu yang mau kami perjuangkan di sini karena banyak juga kasus-kasus yang selalu kami perjuangkan tentang pencemaran nama baik maupun penghinaan melalui media elektronik yang dewasa ini sangat gampang banget terjadi," pungkasnya.

Sementara di akhir video, Sunny pun berharap masalah ini cepat selesai. Ia pun menegaskan bahwa dirinya menyerahkan kasus ini kepada polisi dan kuasa hukumnya.

“Sekali lagi aku gak ingin ini terjadi kepada siapapun. Aku ingin move in dari semua ini, jadi makanya aku akan menyerahkan ini semua kasus kepada Kepolisian Republik Indonesia. Aku percaya kepada Kepolisian Republik Indonesia dan juga kuasa hukum aku,” kata Sunny mengakhiri videonya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait