Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

LCJP Centennial Terra Ajak Warga DKI Terapkan Urban Farming

Kintan Lestari,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
LCJP Centennial Terra Ajak Warga DKI Terapkan Urban Farming
Image: Lions Club Jakarta Pusat Centennial Terra (disingkat LCJP Centennial Terra) mengajak masyarakat melakukan urban farming. (Instagram @lionsclub.centennial.terra)

Jakarta - Perubahan iklim atau global warming masih jadi masalah yang tak kunjung usai, bahkan sampai terjadinya pandemi COVID-19 saat ini. 

Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (The United Nations Environment Programme/UNEP) menyatakan bahwa penyebab utama global warming karena aktivitas manusia. Oleh sebab itu, perlu adanya edukasi pada masyarakat agar meningkatkan kesadaran mereka untuk melakukan aktivitas yang dapat menyehatkan bumi.

Masalah lingkungan itu yang kemudian mendasari dibentuknya 'Lions Club Jakarta Pusat Centennial Terra' (disingkat LCJP Centennial Terra), empat tahun lalu, yang punya fokus utama pelestarian lingkungan hidup.

LCJP Centennial Terra berada di bawah naungan Lions Club International, yang punya tujuan memberikan pelayanan pada masyarakat yang membutuhkan dengan cara menyalurkan bantuan lewat dukungan kegiatan sosial, kemasyarakatan, dan pendidikan. 

Sejak tahun 2020, LCJP Centennial Terra merintis program yang bernama Urban Farming, yang punya tujuan mengedukasi masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup yang sehat lewat konsep urban farming. Konsep tersebut dinilai sebagai salah satu solusi untuk mengurangi efek rumah kaca.

Untuk menjalankan program tersebut, LCJP Centennial Terra bekerjasama dengan Kampung Samtama, salah satu desa wisata di tingkat nasional yang mewakili DKI Jakarta. 

Bersama-sama, mereka membangun vertical garden dengan sistem Hidroponik untuk menanam sayuran seperti selada air, bayam, dan sawi di area sekitar perumahan warga. Tentunya sayuran hidroponik tersebut bisa dikonsumsi warga setelahnya.

Dengan demikian, tidak hanya mendapatkan sayuran gratis, warga Kampung Samtana juga akan terbiasa menerapkan lingkungan sehat dan pola hidup yang sehat. Program ini dicanangkan sebagai Legacy Program mengingat sifatnya berkelanjutan dan bermanfaat tentunya. 

"Saat ini warga 'Kampung Samtama tengah merasakan manfaat pola hidup sehat ini. Bila sudah memahaminya, kami berharap upaya ini dapat berkembang dengan sendirinya dan dijadikan sebagai mata pencaharian mereka. Kami juga berharap program ini menjadi program kerja yang 'sustainable'," ujar Presiden LCJP Centennial Terra, Nita Yuanita Noviana, dalam rilis yang diterima Urbanasia, Kamis (12/8/2021). 

Kolaborasi dengan Kampung Samsata merupakan program awal sosialisasi Urban Farming yang dilakukan LCJP Centennial Terra pada masyarakat. 

Kedepannya, Yuanita berharap LCJP Centennial Terra bisa berkolaborasi dengan kelurahan lain di DKI Jakarta sehingga akan semakin banyak masyarakat yang terbiasa dengan lingkungan dan pola hidup sehat.

"Jika manusia penyebabnya, manusia juga dapat menjadi solusinya. Kami yakin jika semakin banyak masyarakat yang terlibat, semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaatnya, maka akan semakin banyak masyarakat yang peduli akan pelestarian lingkungan hidup. Dengan begitu bumi yang kita cintai ini keberadaannya akan terlindungi," tutup Yuanita. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait