menu
user
URtainment

Lukisan Van Gogh yang Tak Pernah Dipublikasi Akan Diperlihatkan

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Lukisan Van Gogh yang Tak Pernah Dipublikasi Akan Diperlihatkan
Image: Lukisan 'Street Scene in Montmartre' karya Vincent Van Gogh yang akan dipublikasikan untuk pertama kali. (Instagram @sothebys)

Paris - Urbanreaders pastinya pernah denger dong nama Vincent Willem van Gogh? Yap, ia adalah salah satu pelukis paling terkenal dan berpengaruh dalam sejarah seni Barat. 

Van Gogh adalah pelukis post-impresionis asal Belanda yang menciptakan sekitar 2.100 karya seni sepanjang hidupnya. Karya-karyanya yang terkenal di antaranya 'The Starry Night' dan 'Café Terrace at Night'.

Rupanya dari karya Van Gogh, ada satu yang belum pernah dipublikasikan ke publik lantaran disimpan dalam koleksi pribadi keluarga Prancis selama lebih dari satu abad. 

Nah, tak lama lagi karya yang tidak pernah terpublikasi itu akan ditunjukkan ke publik, guys. 

Lukisan tersebut adalah 'Street Scene in Montmartre' yang dibuat pada musim semi tahun 1887, tiga tahun sebelum pelukis asal Belanda itu meninggal, yang diyakini karena bunuh diri.

Lukisan itu menunjukkan orang Paris berjalan melalui lanskap pedesaan di Montmartre, distrik bersejarah yang saat ini menjadi salah satu tujuan paling populer di kota.

"Saat kami melihat lukisan ini untuk pertama kalinya, kami langsung terpikat," kata Claudia Mercier dan Fabien Mirabaud dari rumah lelang Mirabaud Mercier di Paris, yang menemukan karya tersebut, seperti dikutip CNN Style, Kamis (25/2/2021).

"Dengan senang hati kami sekarang dapat mempersembahkan ini kepada dunia, setelah disayangi oleh keluarga Prancis yang sama selama seabad," kata mereka lagi dalam sebuah pernyataan.

'Street Scene in Montmartre' akan dipajang di rumah lelang Sotheby di Paris, Amsterdam, dan Hong Kong sebelum dijual pada 25 Maret.

"Sangat sedikit lukisan dari Periode Montmartre Van Gogh yang tetap berada di tangan pribadi, dengan sebagian besar rangkaiannya sekarang disimpan di koleksi museum bergengsi di seluruh dunia," kata Aurélie Vandevoorde dan Etienne Hellman, direktur senior departemen Impresionis dan Seni Modern di Sotheby's Prancis, yang menangani penjualan, dalam sebuah pernyataan.

"Munculnya karya kaliber ini di pasar dan dari seri ikonik seperti itu tidak diragukan lagi merupakan peristiwa besar, dan memang peluang, bagi kolektor seniman dan pasar seni secara lebih luas," lanjutnya lagi.

Sotheby memperkirakan harga lukisan tersebut bisa mencapai delapan juta euro (sekitar Rp 138 miliar) ketika dijual nanti.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sotheby's (@sothebys)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait