Hot News

Jakarta - Kita nampaknya sudah nggak asing lagi dengan istilah indera keenam atau sixth sense ya, guys.

Indera keenam atau sixth sense ini biasanya juga disebut sebagai intuisi, umumnya dihubungkan dengan penglihatan atau pendengaran.

Normalnya, manusia memiliki lima indera saja, yaitu indera penglihat (mata), indera peraba (kulit), indera pembau (hidung), indera perasa (lidah), dan indera pendengar (telinga).

Nah, dalam istilah teknis parapsikologi indera keenam dikenal dengan istilah extra sensory perception atau disingkat ESP.

Seseorang yang dianggap memiliki indera keenam biasanya mampu melihat hal-hal yang tidak bisa dilihat, didengar bahkan dirasakan oleh orang lain yang tak memiliki indera keenam.

Tapi tahu kah guys, ternyata indra keenam pada diri kalian dapat dideteksi loh. Kalian dapat mengetahui kelebihan indra ke enam apakah yang ada di dalam diri kalian.

Dari beberapa artikel disebutkan kalau indera ini berada jauh dalam tubuh kita. Atau lebih tepatnya ada di alam bawah sadar kita.

Itu mengapa soal indera yang satu ini nggak bisa dijelaskan secara ilmiah dan sampai sekarang masih dianggap sebagai konsep.

Meski begitu, nggak sedikit yang mempercayai kebenaran adanya kemampuan ini. Apalagi guys, kemunculannya tuh udah lama banget.

Dalam parapsychology (ilmu yang mempelajari fenomena ini), sixth sense terbagi dari beberapa cabang, yaitu:

1. Telepathy
Kemampuan buat membaca pikiran

2. Clairvoyanc
Kemampuan melihat peristiwa yang terjadi di tempat lain

3. Precognition
Kemampuan meramalkan kejadian yang akan datang

4. Retrocognition
Kemampuan melihat peristiwa di masa lampau

5. Mediumship
Kemampuan menggunakan roh sebagai medium

6. Psychometri
Kemampuan buat menggali informasi lewat sebuah benda.

Namun, seperti dilansir cracked.com, secara tak sadar sebenarnya indera keenam bisa datang di keseharian loh, indera keenam ini bukan seperti sesuatu kutukan atau hal mengerikan, namun seperti beberapa hal berikut ini yang kadang tidak kita sadari, diantaranya:

1. Pria bisa mendeteksi wanita dalam masa subur

ilustrasi-pria (2).jpgSumber: Ilustrasi pria. (cuidateplus.marca.com)

Mengapa banyak wanita akhirnya hamil di luar perencanaan? Jawabannya karena pria dapat merasakan wanita yang berada dalam masa subur.

Tanpa disadari, saat wanita berovulasi, mereka memiliki perubahan yang sangat halus dalam suara, aroma dan warna kulit. Dan dalam tahapan ini biasanya pria jadi lebih manja dan ingin dekat dengan wanita.

2. Warna yang lain

pixabayIAMTRAJAN.jpgSumber: Ilustrasi anak warna mata berubah. (Pixabay/IAMTRAJAN)

Selama ini kita berpikir bahwa warna dasar RGB memiliki sedikit warna yang dikembangkan. Tetapi nyatanya memang ada orang-orang yang bisa melihat warna lain ketimbang warna-warna dasar saja.

Ada sebutan khusus untuk mereka yang bisa melihat lebih dari warna mejikuhibiniu, mereka disebut tetrachromats.

Mereka mengakui bahwa ada sekitar 100 juta warna yang ada di dunia ini, padahal orang awam hanya bisa melihat 100 warna saja.

3. Manusia bisa melihat sekalipun buta

1589959701-tes-introvert.jpgSumber: Ilustrasi introvert. (Freepik)

Diceritakan dalam film DareDevil, bahwa tokoh pahlawan bisa melihat sekalipun matanya buta. Mirip seperti itu, tetapi jauh lebih nyata, orang yang buta nyatanya memang bisa melihat dengan 'mata' yang lain.

Fungsi kerjanya mirip seperti kamera pengintai, yang dikirimkan melalui sensor kepada otak dan membuat orang itu tahu apa yang sedang ada di hadapannya sekalipun tidak 100% jelas.


Loading ..