beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Marak Kondom Beraneka Rasa, Emang Aman?

Alfian Muntahanatul Ulya,
9 November 2022 17.50.02 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Marak Kondom Beraneka Rasa, Emang Aman?
Image: Ilustrasi penggunaan kondom wanita (Freepik/wayhomestudio)

Jakarta - Pentingnya menggunakan kontrasepsi selama berhubungan seksual dengan pasangan memang nggak bisa ditekankan pada tiap individu. 

Bahkan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri mengatakan, informasi tentang penggunaan segala macam bentuk kontrasepsi pun merupakan hak semua individu.

Seorang dokter konsultan, Priyanka Chauhan Garg pun turut menyoroti tentang hal ini.

"Jika seseorang tidak merencanakan kehamilan, baik karena pasangan tersebut belum siap menjadi orangtua atau sudah menyelesaikan masa kehamilannya. Mereka harus menggunakan metode kontrasepsi yang tepat," terangnya, dikutip dari Indian Express, Selasa (8/11/2022).

Menurut Dr Garg, pemakaian alat kontrasepsi ini penting untuk mencegah penularan penyakit menular seksual (IMS). 

"Jenisnya bisa kondom pria atau wanita dan khasiatnya hampir 96% hingga 98%, jika digunakan dengan benar," ujarnya.

Sementara banyak yang percaya, kondom hanya harus digunakan selama penetrasi vagina. Sementara menurut seksologi, Dr Shahbaz Sayed mengatakan kondom dan sejenisnya juga diperlukan saat oral seks.

Senada dengan hal itu, seorang Managing Director dan Ginekolog, Dr Mannan Gupta turut menjelaskan bahwa penyakit menular seksual sangat beragam, dan bisa juga menginfeksi mulut akibat seks oral.

"Ini bisa menyebabkan kandidiasis, herpes, sifilis, gonore, human immunodeficiency virus (HIV) dan acquired immunodeficiency syndrome (AIDS)," terang Dr Gupta.

Di sinilah ide kondom rasa berperan karena tidak hanya mengurangi risiko IMS tetapi juga bisa meningkatkan kenikmatan seksual. Mulai dari varian cokelat, vanila, stroberi hingga jahe dan bawang putih ada.

"Kondom rasa dirancang khusus untuk seks oral," tandas Dr Sayed.

Namun maraknya kondom beraneka rasa kini menimbulkan pertanyaan tersendiri. Apakah mereka juga bisa digunakan untuk penetrasi dan seks vaginal? Amankah untuk wanita? Para ahli pun membantah hal itu.

"Ini karena kondom rasa mengandung gula di dalamnya yang dapat menimbulkan masalah pada vagina Anda. Kadar gula dalam kondom ini dapat memengaruhi tingkat pH vagina dan bahkan menyebabkan infeksi jamur,” kata Dr Gupta.

Setuju dengan Dr Gupta, Dr Sayed menambahkan, semakin banyak bahan kimia yang terkandung dalam kondom, semakin tinggi kemungkinan kondom itu bisa mengiritasi vagina atau menyebabkan infeksi jamur.

Oleh sebab itu, melihat dari risiko yang ditimbulkan, para ahli menyarankan menggunakan kondom rasa untuk melindungi diri dari PMS dan meningkatkan kenikmatan selama seks oral, namun bukan untuk seks vaginal.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait