beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Masuk Jajaran Polisi Terkaya Kedua, Kapolda Riau: Saya Patuh dan Jujur

William Ciputra,
20 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Masuk Jajaran Polisi Terkaya Kedua, Kapolda Riau: Saya Patuh dan Jujur
Image: Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal. (ANTARA)

Jakarta - Nama Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal santer dibicarakan publik dalam beberapa waktu terakhir. Ia disebut sebagai polisi terkaya kedua saat ini dengan kekayaan mencapai Rp 27 miliar. 

Iqbal yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Riau itu angkat bicara terkait kabar tersebut. Ia mengakui nominal tersebut sesuai dengan jumlah kekayaannya dan menegaskan tidak ada yang disembunyikan. 

“Saya patuh pada regulasi, LHKPN itu pada tahun 2021. Saya patuh dan jujur, tidak ada yang disembunyikan,” kata Iqbal mengutip Antara, Jumat (16/9/2022). 

Iqbal menerangkan, angka Rp 27 miliar itu berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) saat ini. Namun, kata dia, jika diukur berdasarkan harga beli saat itu, maka angkanya tidak sampai jumlah tersebut. 

LHKPN dengan angka yang beredar itu dilaporkan Iqbal pada tahun 2021. Saat itu ia masih menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Kekayaan yang dilaporkannya meliputi barang tidak bergerak dan barang bergerak. Untuk barang tidak bergerak terdiri dari empat bidang tanah dan bangunan. 

“Yang tiga lahan sudah lama sekali. Pertama di Kota Pekanbaru, di daerah Mulyorejo. Lahan kosong, belum ada dibangun,” katanya. 

Jenderal bintang dua itu menambahkan, tanah itu ia beli dengan sistem lelang seharga Rp 150 juta dengan uang dari ibundanya. 

Kemudian, ada tanah di Sidoarjo, Jawa Timur yang dibeli Iqbal pada 2005 senilai Rp 400 juta. Tanah ini dibelinya dengan mencicil dua tahun. 

Tanah ketiga yaitu di Surabaya. Tanah ini dibeli istrinya dengan uang dari mertuanya, seharga Rp 1 miliar. 

Sedangkan aset keempat yaitu rumah di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Rumah itu dulunya ia kontrak sejak tahun 2012-2019. Ia membeli seharga Rp 6 miliar dengan cara mencicil. 

“Saya bersyukur, Alhamdulillah. Semoga ini berkah bagi saya,” pungkas Iqbal. 

Berdasarkan kabar yang beredar, polisi terkaya nomor satu adalah Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa Putra, dengan total kekayaan Rp 29,9 miliar. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait