Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Memanfaatkan Peran Pemuda dengan Gabung Bersama Relawan

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Memanfaatkan Peran Pemuda dengan Gabung Bersama Relawan
Image: ilustrasi relawan (Foto: Pinterest/Money Crashers)

Jakarta - Generasi muda merupakan ujung tombak sebuah bangsa yang menentukan estafet kepemimpinan demi menentukan kemajuan suatu negara.

Dalam hal ini, banyak cara yang dilakukan generasi muda, salah satunya dengan membantu ke sesama orang yang lebih membutuhkan.

Direktur Eksekutif TurunTangan, Primadita Rahma dalam UR Life "Yang Muda, Yang Bermakna", Jumat (29/10/2021) mengatakan, peran pemuda sangat berarti dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. Namun, masih banyak rintangan yang harus dihadapi.

Baca Juga : Tanggapi Orang Tak Percaya COVID-19, Relawan: Debat Nggak Ada Gunanya

Rintangan dan tantangan yang dimaksud seperti tidak mudah diterima di lingkungan masyarakat. Untuk itu, ia bersama relawan yang tergabung dalam organisasinya terus memperbaiki.

"Masyarakat itu nggak mudah menerima, ini tantangan terberat. . Jadi kadang-kadang kami harus menemukan pendekatan yang pas kemudian harus dialog cukup lama dengan pemangku kepentingan dengan opinion leader, itu sih hal-hal yang harus kami pelajari ketika masuk ke gerakan relawan," katanya.

Prima juga menjelaskan, para pemuda yang tergabung dalam relawan TurunTangan ini kerap kali memberikan support ke masyarakat. Dalam hal ini, guna memberikan semangat, terlebih selama pandemi COVID-19 banyak masyarakat yang terdampak.

Baca Juga : Mengenal Tokoh Penting di Balik Sumpah Pemuda

"Kami sering turun tangan untuk membantu, seperti membagikan sembako, paket makanan dan lainnya. Tapi yang paling berharga banget dari masyarakat adalah emosional support. Karena mungkin mereka nggak dapatkan dari orang lain atau organisasi lain apalagi ini anak muda yang sangat berupaya untuk memberikan tenaga atau waktunya," bebernya.

"Dengan cara ini kita bisa membekali teman-teman di daerah untuk bisa skill kepemimpinannya dipertajam dengan cara-cara seperti ini," pungkasnya.

FYI nih guys, TurunTangan adalah inkubasi kepemimpinan pemuda melalui gerakan sosial kerelawanan. TurunTangan berupaya mendorong setiap orang untuk melatih jiwa pemimpin di dalam diri dengan menggerakkan muda-mudi untuk bersama-sama menyelesaikan problematika sosial. 

Gerakan TurunTangan lahir dari semangat kolaborasi antara gerakan sosial dan gerakan politik. Per tahun 2021, TurunTangan telah memiliki basis komunitas di + 63 daerah di seantero Indonesia yang aktif mengadakan proyek-proyek pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, pendidikan politik, dan sosial kemasyarakatan.

Relawan-relawan TurunTangan berperan sebagai katalisator perubahan sosial, yang membantu memecahkan permasalahan di masyarakat, menciptakan perubahan berkesinambungan, dan mewujudkan Indonesia yang lebih berintegritas.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait