Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Mengenal 3 Lembaga Negara: Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif

Nivita Saldyni,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal 3 Lembaga Negara: Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif
Image: Gedung Nusantara, gedung utama dalam komplek MPR/DPR/DPD. (Dok, MPR)

Jakarta - Setiap negara pasti memiliki lembaga negara yang bertugas mengatur negara dan menjalankan roda pemerintahan. Nah, Indonesia sendiri memiliki tiga lembaga negara utama, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Ketiga lembaga negara ini punya susunan, tugas dan wewenang yang berbeda, guys. Adapun hal ini telah diatur dalam Undang-undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Untuk mengenal lebih jauh masing-masing lembaga negara tersebut, yuk simak ulasan Urbanasia berikut ini!

Lembaga Eksekutif

1641465339-istana-negara.jpgIstana negara atau Istana Kepresidenan. (Dok. Kemkes)

Lembaga eksekutif adalah lembaga negara yang diberikan kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang dan urusan pemerintahan. Lembaga ini terdiri dari presiden, wakil presiden, dan jajaran menterinya guys.

Menurut UUD 1945, Presiden merupakan pemegang kekuasaan pemerintahan, kepala negara, dan juga komandan dari angkatan bersenjata Republik Indonesia. Dalam melaksanakan tugasnya, Presiden dibantu Wakil Presiden. Keduanya memiliki masa jabatan selama lima tahun dan dapat menjabat maksimum dua periode berturut-turut lewat pemilihan umum.

Sebagai kepala pemerintahan, Presiden memiliki tugas dan wewenang untuk memegang kekuasaan pemerintahan, mengangkat dan dan memberhentikan menteri-menteri dan pejabat-pejabat publik, serta menyusun kabinet. Presiden jugalah yang bertugas untuk menyatakan negara dalam keadaan bahaya, mengangkat duta dan konsul, menerima penempatan duta negara lain, serta memberi gelar, tanda jasa, dan lain-lain tanda kehormatan yang diatur dengan undang-undang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait