beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Mengenal Kronotipe, Cara Tentukan Produktivitas Berdasarkan Waktu Tidur

Mengenal Kronotipe, Cara Tentukan Produktivitas Berdasarkan Waktu Tidur
Image: Ilustrasi Mau Tidur (freepik/jcomp)

Jakarta - Pernah nggak sih Urbanreaders merasa kelelahan padahal sudah beristirahat dengan cukup? Bahkan hal ini berdampak pada produktivitas hingga kamu kesulitan menemukan waktu yang tepat untuk produktif melakukan sesuatu.

Belum banyak yang menyadari bahwa kebiasaan tidur ternyata berperan dalam menentukan produktivitas seseorang. Perbedaan waktu tidur dan aktif ini disebabkan oleh klasifikasi jam biologis yang disebut Kronotipe.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis kronotipemu, sehingga kamu bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk produktif dan kapan kamu akan mulai merasa lelah. 

Lalu apa saja sih tipe kronotipe itu? Yuk simak ulasannya!

Si Beruang

Mayoritas manusia masuk ke dalam kronotipe ini. Di mana siklus tidur dan bangun mereka sesuai dengan matahari. Seseorang dengan kronotipe beruang merupakan orang yang mudah bangun maupun tidur.

Tingkat produktivitas kronotipe ini berada di titik tertinggi tepat sebelum siang hari, dan akan menurun antara jam 2 siang hingga 4 sore.

Si Serigala

Orang dengan kronotipe serigala sulit bangun di pagi hari dan cenderung lebih bersemangat dan berenergi ketika bangun di siang hari. Mereka paling produktif di siang hari dan bertahan hingga kurang lebih empat jam. Lalu mereka akan kembali bersemangat dan produktif lagi pada jam 6 sore.

Si Singa

Berbeda dari kronotipe serigala, orang dengan kronotipe singa cenderung suka bangun pagi dan mudah bangun tidur sebelum fajar tiba. Mereka memiliki jam produktif mulai dari pagi hingga siang hari, dan energi mereka akan menurun di sore hari. Umumnya orang dengan kronotipe ini tidur di antara jam 9-10 malam.

Si Lumba-lumba

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait