beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Mengenal Skin Fasting dan Cara Melakukannya

Izzah Putri Jurianto,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Skin Fasting dan Cara Melakukannya
Image: Ilustrasi skin fasting. (Freepik/drobotdean)

Jakarta - Pernah nggak sih, karena keseringan coba skincare ini itu jadi breakout? Bukannya jadi glowing, kulit malah makin kering, bahkan sampai jerawatan. Wah, jangan-jangan itu tanda kalau kamu harus skin fasting atau puasa skincare!

Apa Itu Skin Fasting?

Nggak cuma tubuh yang bisa melakukan detox secara alami, kulit wajah juga perlu diberi kesempatan untuk detox, loh. Selama ini kamu mungkin berpikir bahwa kulitmu baik-baik saja, asalkan rutin menggunakan skincare.

Nyatanya, ada waktu ketika kulit butuh waktu untuk beristirahat dari 'pekerjaannya', Guys. Berikan beberapa saat agar kulit bisa melakukan detox terhadap racun-racun yang menumpuk dengan berhenti menggunakan skincare-mu sehari-hari. 

Menurut penjelasan Dr. Kiran Lohia Sethi, seorang dermatologis dari India, skin fasting adalah masa-masa ketika kita tidak mengaplikasikan apapun ke kulit wajah. Namun terkadang hal ini menimbulkan persepsi yang keliru pada beberapa orang.

Gimana Cara Melakukan Skin Fasting?

Meski namanya skin fasting, bukan berarti kita benar-benar membiarkan kulit tidak terlindungi sama sekali. Proteksi terhadap kulit tetap harus kita berikan dengan menggunakan moisturizer dan sunscreen. 

Namun, untuk membersihkan kulit, kita hanya dianjurkan untuk menggunakan air. Selain itu, produk-produk tambahan seperti eksfoliator, serum, dan semacamnya tidak disarankan untuk dipakai selama masa skin fasting. Yang terpenting, jangan lupakan juga untuk selalu minum air putih agar proses detox semakin lancar.

Kapan Waktunya Skin Fasting?

Setiap orang punya waktu yang berbeda-beda. Intinya, selalu perhatikan kondisi kulitmu setiap harinya. Jika sudah tampak tanda-tanda breakout yang cukup parah, segera lakukan skin fasting selama beberapa hari. Jika ingin melakukannya secara rutin, kamu bisa menjadwalkan skin fasting setiap dua minggu atau sebulan sekali.

Ternyata, skin fasting cukup direkomendasikan untuk mengembalikan kesehatan kulit ya, Guys. Apa kamu tertarik untuk mencobanya?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait