beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Museum Nasional Indonesia: Sejarah hingga Koleksinya

Hanisa Sutoyo,
29 Juli 2022 15.05.08 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Museum Nasional Indonesia: Sejarah hingga Koleksinya
Image: Pinterest/Carlos Braga

Jakarta - Urbanreaders, siapa yang pernah berkunjung ke Museum Nasional? Tempat bersejarah yang satu ini lebih dikenal dengan nama 'Museum Gajah' loh. Namun, bukan berarti isinya khusus memuat informasi tentang sejarah gajah ya. 

Museum Nasional Republik Indonesia yang dibangun pada tahun 1778 ini, diketahui merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Kira-kira didirikannya karena apa ya, Urbanreaders? Yuk intip sejarahnya.

Sejarah Museum Nasional 

Melansir situs resmi Museum Nasional, Jumat (29/07/2022), eksistensi museum ini diawali dengan berdirinya suatu himpunan asal Belanda, yang bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG), pada tanggal 24 April 1778. 

Pada masa itu di Eropa tengah terjadi revolusi intelektual (the Age of Enlightenment), yaitu ketika orang mulai mengembangkan pemikiran-pemikiran ilmiah dan ilmu pengetahuan, yang kemudian mendorong orang-orang Belanda di Batavia (Indonesia) untuk mendirikan organisasi sejenis.

BG merupakan lembaga independen yang didirikan untuk tujuan memajukan penelitian dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang biologi, fisika, arkeologi, kesusastraan, dan sejarah.

Salah seorang pendiri lembaga ini, yaitu JCM Radermacher, menyumbangkan sebuah rumah miliknya di Jalan Kalibesar, beserta sejumlah koleksi benda budaya dan buku yang amat berguna. Sumbangan inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya museum dan perpustakaan.

Karena jumlah koleksi milik BG terus meningkat, akhirnya pada 1862, Pemerintah Hindia-Belanda memutuskan untuk membangun sebuah gedung museum baru di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12, dan dibuka untuk umum pada tahun 1868.

Disebut dengan Museum Gajah lantaran di halaman depannya terdapat sebuah patung gajah perunggu hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum pada tahun 1871.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk 

Di dalam Museum Nasional terdapat sejumlah koleksi bersejarah yang tentunya menarik untuk kamu pelajari. Di antaranya, arca kuno, prasasti, dan barang-barang kerajinan, yang dikategorikan menjadi beberapa kelompok. 

Koleksi paling menarik di dalam museum ini adalah patung Bhairawa yang menjadi patung tertinggi di Museum Nasional, dengan ukuran 414 cm.

Patung ini berupa laki-laki yang berdiri di atas mayat dan deretan tengkorak, serta memegang cangkir yang terbuat dari tengkorak di tangan kiri dan keris pendek gaya Arab di tangan kanan.

Patung ini diperkirakan ditemukan di Padang Roco, Sumatera Barat, di abad ke-13 atau 14. Menarik bukan?

Nah, buat kamu yang belum pernah ke sini dan penasaran dengan koleksi di dalamnya, langsung saja datang ke Jalan Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. 

Museum Nasional beroperasi setiap hari pukul 8.00-16.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 untuk orang dewasa dan Rp 7.500 untuk anak-anak. 

Sangat terjangkau bukan? Jadi, yuk berwisata sejarah ke Museum Nasional RI!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait