menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Ngabuburit Sambil Belajar Sejarah di Istana Maimun Medan

Shelly Lisdya,
25 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ngabuburit Sambil Belajar Sejarah di Istana Maimun Medan
Image: Istana Maimun. Sumber: Pinterest/noor fhytria

Medan - Guys, untuk menghabiskan waktu selama Ramadan, biasanya kita akan memilih ngabuburit dengan berlibur ke tempat wisata atau sekadar jajan di pasar takjil.

Nah, Urbanreaders bisa mencoba hal baru dengan berwisata ke Istana Maimun sembari mengenal sejarah loh, guys.

Ya, Istana atau Museum Maimun ini berada di Medan, Sumatera Utara, jika kamu ke tempat ini sangat mudah loh karena lokasinya terletak di pusat kota.

Istana Maimun sendiri merupakan istana peninggalan Kerajaan Deli dan didirikan oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Ia adalah sosok keturunan raja yang ke-9 dari Kesultanan Deli. 

Istana Maimun baru dibangun pada tanggal 26 Agustus 1888 dan baru diresmikan pada tahun 1891 dengan luas sekitar 2.772 meter persegi. 

Di dalam istana pun ada banyak ruangan yang menjadi nilai tambahan. Setiap ruangan mempunyai daya tarik tersendiri yang berbeda pastinya. Tidak heran Istana Maimun selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat Ramadan dan Lebaran Idul Fitri.

Sementara untuk arsitektur Istana Maimun dari luar memang sangat mencolok yang menjadi daya tarik tersendiri, yakni pemilihan warna kuning yang mendominasi bangunan ini. Warna kuning ini dikenal sebagai warna khas dari Melayu.

Untuk bangunannya, memiliki dua lantai yang terbagi menjadi tiga bangunan utama. Bangunan induk, bangunan sayap kiri dan sayap kanan. Di depan bangunannya ada sebuah masjid yang berdiri kokoh yang dikenal dengan nama Masjid Al Maksum atau yang sering disebut dengan nama Masjid Raya Medan.

Istana Maimun termasuk istana terindah yang ada di Indonesia, yakni mengambil konsep Melayu dengan gaya Islam, India, Italia dan juga Spanyol. Perpaduan yang ada tentu sangat unik dan menarik. Bagaimana, tertarik berkunjung guys?

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait