menu
user
URsport

Ngeri! Pangeran Malaysia Ini Mau Beli Klub Spanyol

Rezki Maulana,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ngeri! Pangeran Malaysia Ini Mau Beli Klub Spanyol
Image: Pangeran Johor Tunku Ismail ingin membeli Valencia. (Twitter @OfficialJohor)

Johor - Kabar mengejutkan datang dari Malaysia. Pangeran Johor, Tunku Ismail ibni Sultan Ibrahim, kabarnya ingin membeli klub Liga Spanyol Valencia. Wow!

Tunku Ismail memang dikenal sebagai gila bola. Dia adalah pemilik klub Liga Super Malaysia Johor Da'rul Tazim. JDT, sebutan familiar klub itu, sebelumnya selalu berkutat di papan bawah sebelum dibangkitkan oleh Tunku Ismail.

Dia bahkan pernah mengajak tim melakukan pramusim ke Dubai dan di sela-selanya menyewakan mobil mewah untuk seluruh pemainnya. JDT kini benar-benar jadi kekuatan baru tak cuma di Asia Tenggara tapi juga di Asia.

Wajar saja jika Tunku Ismail bisa royal seperti ini mengingat dia punya harta berlimpah dari sang ayah, Sultan Ibrahim, yang mencapai 750 juta euro atau sekitar Rp 13 triliun. Tunku Ismail pula yang menyulap kompleks latihan JDT menjadi supermegah. Kompleks itu punya 11 lapangan latihan, yang semuanya bisa dibuat tertutup pada musim panas dan didinginkan dengan AC.

Kegilaan Tunku Ismail kepada sepakbola itu rupanya tak cukup cuma di wilayah Asia. Tunku Ismail ingin melebarkan sayapnya ke Eropa juga, dengan rencananya membeli klub Valencia dari Peter Lim.

Ya, seperti diketahui Lim adalah pengusaha Singapura yang sudah mengakuisisi Valencia sejak 2014. Tapi, di tangan Lim, Valencia sulit meraih sukses dan malah lebih sering menjual pemain bintangnya plus melakukan pergantian pelatih.

Alhasil, fans pun menjadi geram dan sudah menuntut Lim untuk menjual klub sejak lama. Lim dianggap tidak punya ambisi untuk mengembalikan Valencia ke persaingan gelar juara bersama Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid.

Valencia sudah berganti pelatih tujuh kali sejak Lim memegang klub itu, termasuk Javi Gracia yang kini menangani tim dan posisinya di ambang pemecatan. Sebab Valencia berada di posisi ke-14 dan cuma berjarak lima poin dari zona degradasi.

Maka dari itu, Tunku Ismail yang masih kerabat dekat Lim rupanya ingin mengakuisisi Valencia demi membangkitkan tim dari keterpurukan saat ini. Tunku Ismail yang punya portofolio mantap di sepakbola Malaysia pun yakin bisa melakukannya.

"Saya bukan orang baru di sepakbola," ujar Ismail dalam unggahan di akun instagram-nya.

"Saya membuat sebuah klub (JDTFC) dari yang tadinya berjuang di zona degradasi menjadi tim yang mendominasi. Saya meraih 16 titel dalam delapan tahun. Kami tim terbesar di Asia Tenggara dan salah satu yang terbesar di Asia," lanjut mantan Presiden Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) itu.

"Saya ingin melebarkan dinasti saya, melebarkan saya, dan mencari tantangan baru. Saya bukan seseorang yang akan mengubah logo atau tradisi Anda... Saya di sini untuk mencari kejayaan, kesuksesan, dan sejarah.. Apa yang Valencia butuhkan? Anda butuh seseorang yang tahu soal sepakbola, lapar akan kesukessan, punya gairah besar, dan mengerti betapa besarnya Valencia sebagai sebuah klub."

Kabarnya sih Peter Lim tidak akan melepas Valencia yang dihargai pasar sekitar 450 juta euro tersebut. Tapi, kalau sudah ada kibasan uang dari Tunku Ismail, masa si gak goyah?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait