beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Pemerintah Bakal Bagikan 680 Ribu Rice Cooker Gratis, Ini Sasarannya

Nivita Saldyni,
26 November 2022 17.33.32 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pemerintah Bakal Bagikan 680 Ribu Rice Cooker Gratis, Ini Sasarannya
Image: Ilustrasi - rice cooker. (Pinterest/leaf.tv)

Jakarta - Pemerintah berencana membagikan 680 ribu unit rice cooker atau penanak nasi kepada masyarakat secara gratis. Sub Koordinator Fasilitasi Hubungan Komersial Usaha Ketenagalistrikan, Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Edy Pratiknyo menyebut rencana itu saat ini masih dalam pembahasan.

"Ini baru pembahasan, belum sampai di publish bantuan e-cooking atau penanak nasi listrik," ujar Edy dalam acara Forum Diskusi Publik, Jumat (25/11/2022).

Rencananya paket bantuan ini bernilai Rp 500 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM). Adapun sasarannya yaitu rumah tangga miskin dengan daya listrik 450 VA dan 900 VA yang masuk daftar penerima manfaat bantuan sosial yang acuannya data dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Selain itu, paket bantuan ini rencananya juga akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak, sesuai validasi oleh kepala desa termasuk pengguna LPG 3 kg dan memiliki sistem kelistrikan yang andal. Namun ia memastikan, penerima rice cooker ini tak perlu menambahkan daya kapasitas listrik untuk menggunakannya.

"Tentunya acuannya ke data dari Kementerian Sosial," tegasnya.

Menurutnya, program ini bertujuan untuk mendukung pemanfaatan energi bersih. Selain itu juga ada beberapa manfaat, salah satunya membantu masyarakat menghemat biaya masaknya.

Berdasarkan hasil kajian yang dikantongi Edy, penggunaan rice cooker lebih hemat dibanding menanak nasi dengan kompor gas. Dengan penggunaan kompor gas, masyarakat butuh LPG sekitar 2,4 kg per bulan dengan biaya Rp 16.800. 

Sementara apabila menanak nasi dengan rice cooker, masyarakat butuh listrik 19,80 kWh per bulan dengan biaya Rp 10.396 per bulan. Artinya ada Rp 6.404 yang bisa dihemat dengan penggunaan rice cooker.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait