beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Pemimpin Dunia Akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II, Siapa Saja?

Izzah Putri Jurianto,
13 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pemimpin Dunia Akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II, Siapa Saja?
Image: Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako terbang menuju London untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II (Foto: Kyodo News)

Jakarta - Kabar duka wafatnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022) mengundang kedatangan para pemimpin dari berbagai belahan dunia untuk menghadiri pemakaman pemimpin kerajaan Inggris terlama itu.

Pasangan Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako serta Presiden Amerika Serikat Joe Biden bersama istrinya Jill Biden sudah mendarat di London pada Minggu pagi (18/9/2022)

Melansir The Washington Post, pemakaman Queen Elizabeth II akan menjadi acara yang penuh tujuan diplomatik. Dikabarkan bahwa 23 anggota kerajaan ditempatkan di barisan pertama Westminster Abbey, tempat jenazah Ratu disemayamkan. Sementara baris di belakangnya, adalah tempat duduk Presiden Joe Biden dan sekitar 90 presiden serta perdana menteri negara lain sesuai dengan protokol yang berlaku. 

Para pemimpin negara yang datang dianjurkan menempuh penerbangan komersial, sebab jadwal penerbangan di sebagian besar bandara masih sangat padat, terutama karena pandemi yang masih berlangsung hingga sekarang. Meski begitu, beberapa diantaranya memutuskan terbang ke London dengan jet pribadi. 

Kementerian Luar Negeri Inggris saat ini masih sibuk melayani sekitar 500 pejabat asing yang menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin besok (19/9/2022).

Presiden Cina Xi Jinping yang diundang menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II, menolak datang. Maka Wakil Presiden Wang Qishan akan hadir menggantikan. Presiden Brazil Jair Bolsonaro juga dijadwalkan akan hadir. Karena tidak bisa berbahasa Inggris, baik Qishan dan Bolsonaro meminta jasa penerjemah.

Negara-negara yang pernah punya hubungan diplomasi dengan Inggris hampir semuanya diundang, kecuali beberapa negara seperti Rusia, Belarus, dan Myanmar, sebab adanya perang dengan Ukraina serta pelanggaran hak asasi manusia. Sementara Iran, Korea Utara, dan Nicaragua hanya diizinkan untuk menghadirkan duta besar mereka sebagai wakil. 

Sebagian besar tamu yang diundang adalah orang-orang yang dikenal secara pribadi oleh Queen Elizabeth II. Kebanyakan dari para tamu negara ini telah berusia lanjut. Misalnya mantan Raja dan Ratu Spanyol, Juan Carlos I dan istrinya Sophia yang masing-masing berusia 84 dan 83 tahun.

Oleh sebab itu, penataan tempat duduk, dokter pribadi, tim kesehatan, serta ruang istirahat pribadi telah disiapkan oleh keluarga kerajaan demi kenyamanan bersama sepanjang acara berlangsung. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait