Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Pengertian Diskriminasi serta Contoh Kasusnya

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengertian Diskriminasi serta Contoh Kasusnya
Image: Diskriminasi. (Pixabay/ivanacoi)

Jakarta - Menurut KBBI Online, diskriminasi adalah pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara (berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya).

Pengertian diskriminasi juga dibahas dalam UUD 1945 di Bab XA tentang Hak Asasi Manusia.

Diskriminasi menurut UU tertuang dalam pasal 1 ayat 3 UU no. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, yang bunyinya "setiap pembatasan, pelecehan, atau pengecualian yang langsung maupun tidak langsung didasarkan pada pembedaan manusia atas dasar agama, suku, ras, etnik, kelompok, golongan, status sosial, status ekonomi, jenis kelamin, bahasa, keyakinan politik yang berakibat pengurangan, penyimpangan atau penghapusan, pengakuan, pelaksanaan atau penggunaan hak asasi manusia dan kebebasan dasar dalam kehidupan baik individual maupun kolektif dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial, budaya, dan aspek kehidupan lainnya".

Diskriminasi biasanya dilakukan kelompok mayoritas terhadap minoritas. Dalam kehidupan bermasyarakat, umumnya diskriminasi muncul dalam bentuk rasisme dan seksisme.

Apa contoh dari diskriminasi? Banyak contoh kasus diskriminasi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Misalnya saat masih kecil dulu, saat bilang "kita jangan temenan sama dia, soalnya dia kulitnya hitam". Atau bisa juga "Ih jangan temenan sama dia, dia miskin".

Itu contoh diskriminasi kecil yang mungkin kita sendiri tidak menyadari kalau itu sebenarnya perbuatan diskriminasi.

Lalu ada juga contoh diskriminasi besar yang bahkan jadi perbincangan di dunia, yaitu kasus George Floyd yang terjadi tahun 2020.

George Floyd adalah orang Afro-Amerika yang tinggal di Minneapolis, salah satu kota di negara bagian Amerika Serikat.

Ia tewas di tangan polisi Minneapolis karena dituduh membuat cek palsu untuk membayar belanjaannya di sebuah toko. Polisi yang datang kemudian meringkusnya, namun Floyd mencoba melawan.

Polisi bernama Derek Chauvin kemudian menginjak leher Floyd dengan lutut di pinggir jalan. Chauvin tetap menginjak Floyd meski pria kulit hitam itu berteriak sakit dan sulit bernapas.

Hingga akhirnya Floyd berhenti bernapas saat diminta masuk ke mobil polisi. Personil polisi lainnya langsung memanggil ambulans, sayang Floyd tidak bisa diselamatkan.

Kasus kematian Floyd mendapat perhatian dari netizen di seluruh dunia. Netizen menganggap aksi yang dilakukan petugas kepolisian adalah bentuk rasisme lantaran belum diketahui pasti apakah benar Floyd membuat cek palsu.

Itu dia definisi diskriminasi beserta contoh kasusnya, Urbanreaders. Semoga bermanfaat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait