beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Penting Rawat Filter Bahan Bakar Mobil, Mesti Diganti Secara Berkala

Annisa Tiara Jelita,
12 November 2022 19.18.41 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Penting Rawat Filter Bahan Bakar Mobil, Mesti Diganti Secara Berkala
Image: Ilustrasi - kerangka pada mobil. (Pixabay/Sick-street-photography)

Jakarta - Peranan filter bahan bakar atau bensin sangat penting bagi kendaraan roda empat. Oleh karena itu, filter bensin pada mobil harus selalu terawat dan diganti setiap 2 tahun sekali.

Pengguna mobil sering sekali tidak peduli atau bahkan tidak mengetahui peranan dari filter bensin pada sebuah mobil. Padahal, adanya filter bensin tidak kalah penting dari filter lainnya seperti filter oli.

Filter ini berfungsi untuk menyaring sisa-sisa kotoran atau residu yang ada pada bensin. Juga, filter ini dapat menjadikan mobil hemat BBM dengan cara menurunkan kecepatan aliran bensin.

Melansir laman Suzuki, Jumat (11/11/2022), cara perawatan yang sederhana untuk filter bensin adalah dengan mengecek dan menggantinya secara rutin. Biasanya filter bensin akan diperbaharui setiap 2 tahun sekali atau ketika jarak sudah ditempuh sejauh 40.000 kilometer (km).

Namun perlu diperhatian juga jenis dari filter yang digunakan, karena terdapat beberapa filter tidak bisa dilepas pasang. Biasanya hal itu terjadi karena filter bensin menyatu dengan pompa bahan bakar.

Selain dilihat dari jarak tempuh dan waktu pemakaian, tanda-tanda filter bensin harus diganti juga dapat dilihat dari performa mobil menurun, seperti sulit dinyalakan dan mesin mobil tiba-tiba mati tanpa sebab.

Sangat disayangkan jika mobil tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya, hanya dikarenakan tidak mengganti filter mobil yang sudah tak layak digunakan.

Sebaiknya, filter mobil yang kalian gunakan rutin diganti. Selalu cek secara berkala apakah tangki dan filter sudah harus diganti atau belum.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait