beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Pentingnya Peran Anak Muda dalam Penanggulangan Krisis Iklim Dunia

Nivita Saldyni,
24 November 2022 08.21.24 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pentingnya Peran Anak Muda dalam Penanggulangan Krisis Iklim Dunia
Image: Ketua Jaringan Ahli Perubahan Iklim dan Kehutanan Indonesia Dr. Ir. Mahawan Karuniasa (kiri) bersama Direktur The Climate Reality Project Indonesia Amanda Katili Niode. (Urbanasia/Nivita)

Kudus - Ketua Jaringan Ahli Perubahan Iklim dan Kehutanan Indonesia Dr. Ir. Mahawan Karuniasa menyebut, peran anak muda dalam penanggulangan krisis iklim dunia sangat penting. Aksi nyata kita dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.

“Saya kira peran anak muda itu nomor satu karena mereka lah sebenarnya yang paling terpapar. Mereka punya masa yang panjang ketimbang kita yang generasi baby boomers,” ujar Mahawan ditemui Urbanasia usai talkshow ‘Penanaman Pohon sebagai Tindakan Nyata untuk Pengendalian Perubahan Iklim’ yang digelar Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) di Oasis PT Djarum, Kudus, Rabu (23/11/2022).

Namun masalahnya, masih banyak anak muda yang kurang menaruh perhatian lebih pada masalah tersebut. Hal ini ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor, Guys.

“Pertama kalau bicara lingkungan dan perubahan iklim itu mereka banyak yang anggap ini sebagai ‘ilmu tinggi’ duluan dan merasa harus banyak belajar,” ungkap dosen Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (UI) ini.

Selain itu masih banyak anak-anak muda yang belum tergabung dalam komunitas lingkungan juga jadi salah satu penyebabnya. Padahal menurutnya hal ini bisa jadi cara yang efektif dan memudahkan akses berbagai pihak untuk menjangkau para anak muda yang punya minat dan semangat besar berkontribusi pada isu-isu lingkungan.

“Mereka belum banyak terikat di organisasi karena mungkin sibuk sekolah. Sehingga sekolah-sekolah perlu mendorong terbentuknya komunitas-komunitas lingkungan masing-masing jadi tidak harus berbasis sekolah itu sendiri. Sehingga nantinya mereka bisa bekerjasama dengan swasta hingga pemerintah, salah satunya program Siap Darling (Siap Sadar Lingkungan) BLDF. Artinya tidak bisa hanya dari salah satu pihak tapi dari sekolah juga harus membangun komunitas serupa, sehingga bisa nyambung,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, pentingnya anak muda bergabung dalam komunitas-komunitas lingkungan ini sempat disinggung juga oleh Executive Coach & Mentor for Climate & Sustainability Actions sekaligus Direktur The Climate Reality Project Indonesia Amanda Katili Niode. Menurutnya, keberadaan anak-anak muda dalam komunitas ini penting untuk mengkampanyekan percepatan penanggulangan perubahan iklim.

Kita pun sebenarnya tak perlu khawatir soal kontribusi apa yang bisa kita berikan dalam mengampanyekan percepatan penanggulangan perubahan iklim, Guys. Sebab menurut Amanda, ada ribuan cara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang jadi penyebab utama perubahan iklim dunia, sehingga kita tinggal memilih cara apa yang sesuai dengan kemampuan dan minat masing-masing.

“Yang paling mudah adalah mengacu kampanye PBB yang namanya Act Now yang bisa dilakukan para individu dan mudah. Kita semua rata-rata sudah tahu, ada hemat energi, mengurangi penggunaan kantong plastik, membatasi penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil, mengurangi limbah pangan dan konsumsi pangan lokal, sehingga bisa menghemat energi. Tapi yang penting adalah melakukannya secara konsisten dan harus tergabung dalam komunitas karena kalau sendiri rasanya kita tidak bisa terdorong untuk meningkatkan ambisi kita,” terangnya.

Sekarang sudah banyak sekali komunitas maupun wadah yang mudah diakses anak muda untuk terjun langsung melakukan aksi nyata untuk bumi. Salah satunya yaitu program Siap Darling dari BLDF dan program Youth Leadership Camp for Climate Crisis (YLCCC) yang telah dilakukan The Climate Reality Project Indonesia sejak tahun 2011.

Nah selanjutnya, gimana nih Urbanreaders, sudah siap berkontribusi untuk bumi mulai hari ini? 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait