beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Minyak Goreng, Korban Rugi Rp 500 Juta

Nivita Saldyni,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Minyak Goreng, Korban Rugi Rp 500 Juta
Image: Kapolsek Kebon Jeruk Kompol H Slamet Riyadi (tengah) menunjukkan barang bukti kasus penipuan dan penggelapan jual beli minyak goreng di Jakarta Barat, Rabu (3/8/2022). (PMJ News)

Jakarta - Aksi penipuan dan penggelapan jual beli minyak goreng yang dilakukan seorang wanita berinisial ES (31) berhasil dihentikan setelah pelaku tertangkap oleh Polsek Kebon Jeruk. ES diketahui telah menipu 12 orang dengan total kerugian korban mencapai Rp 529 juta.

Kapolsek Kebon Jeruk Kompol H Slamet Riyadi menjelaskan, kasus berawal dari pertemuan antara pelaku dengan para korbannya di bulan Februari 2022.

Saat itu, pelaku mengaku kepada korban, dirinya adalah seorang pengusaha minyak goreng yang punya izin usaha lengkap.

Kepada para korban, ES mengaku punya stok minyak goreng yang cukup dan aman di gudang. Ia pun menawarkan harga minyak goreng Rp 20 ribu per liter ke korban saat harga minyak goreng sedang berada di angka Rp 25 ribu per liter.

"Saat itu ketersediaan minyak di pasaran sangat langka. Bahkan harganya jauh lebih tinggi dari harga normal sebelumnya," ungkap Slamet kepada wartawan, Rabu (3/8/2022).

Tergiur dengan tawaran ES, para korban yang awalnya membeli minyak goreng untuk memenuhi kebutuhannya sendiri karena melihat peluang yang ada akhirnya mulai membeli minyak goreng untuk dijual lagi. Mereka memesan dan membeli minyak goreng ke ES dengan cara beragam, ada yang melakukan pembayaran secara tunai dan ada juga yang transfer ke rekening pelaku.

"Pembelian dilakukan secara bertahap dengan cara mentransfer dengan nilai pembelian dari Rp 500 ribu hingga Rp 100 juta oleh para korban dengan total transaksi mencapai Rp 2 miliar," terang Slamet.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait