beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Populasi Dunia Tembus 8 Miliar Hari Ini

Nivita Saldyni,
16 November 2022 19.35.07 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Populasi Dunia Tembus 8 Miliar Hari Ini
Image: Ilustrasi penduduk dunia. (PIXABAY/efes)

Jakarta - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan populasi dunia mencapai angka delapan miliar pada hari ini, Selasa (15/11/2022). Dalam laporannya, PBB menyebut angka ini naik satu miliar dibandingkan 2011.

Dari peta sebaran populasi dunia yang dirilis PBB, Cina dan India menjadi penyumbang terbanyak. Populasi Cina di tahun ini diperkirakan mencapai 1,43 miliar atau 17,88 persen dari total populasi dunia. Untuk India mencapai 1,42 miliar atau 17,77 persen dari total populasi dunia. PBB pun memproyeksikan India bakal menyalip Cina dan jadi negara terpadat di dunia pada 2023. 

Sedangkan populasi Indonesia diperkirakan mencapai 0,28 miliar. Jumlah ini setara dengan 3,45 persen dari total populasi dunianya, Guys. Hal ini menempatkan Indonesia jadi salah satu negara penyumbang populasi terbanyak keempat, setelah Amerika Serikat yang menyumbang sebanyak 4,24 persen dari total populasi. 

Nah menurut PBB, pertumbuhan populasi manusia ini merupakan dampak dari berkembangnya fasilitas kesehatan publik, nutrisi, kebersihan pribadi, serta obat-obatan. Selain itu, tingkat kesuburan yang tinggi di beberapa negara juga menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan tersebut, khususnya di negara-negara miskin yang populasinya mengalami lonjakan. 

"Meskipun populasi global membutuhkan waktu 12 tahun untuk tumbuh dari 7 menjadi 8 miliar, dibutuhkan sekitar 15 tahun (hingga 2037) untuk mencapai 9 miliar," ujar Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dikutip dari keterangannya, Selasa. 

Menurutnya, ini merupakan pertanda bahwa tingkat pertumbuhan populasi global secara keseluruhan melambat.

PBB juga memproyeksikan adanya lonjakan populasi di delapan negara hingga 2050. Lebih dari setengah pertumbuhan populasi dunia hingga tahun tersebut diperkirakan terjadi di Republik Demokratik Kongo, Mesir, Ethiopia, India, Nigeria, Pakistan, Filipina, dan Republik Tanzania.

Pada tahun yang sama, harapan hidup rata-rata global diperkirakan akan menyentuh sekitar 77,2 tahun.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait