Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Program Otsuka Ecovillage: Dorong Masyarakat agar Peduli Sampah

Indi Lusiani,
5 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Program Otsuka Ecovillage: Dorong Masyarakat agar Peduli Sampah
Image: Peresmian Otsuka Village oleh PT Amerta Indah Otsuka. (Dok. Urbanasia)

Jakarta - PT Amerta Indah Otsuka bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi mengadakan peresmian Bank Sampah Otsuka Ecovillage di Paguyuban Sehati, Desa Kutajaya, Kabupaten Sukabumi pada Rabu (13/10/2021).

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Otsuka Ecovillage ini dilaksanakan di komunitas-komunitas yang berdekatan dengan operasional perusahaan.

Peresmian ini juga dihadiri langsung oleh Roy Sparringa, selaku Presiden Komisaris PT Amerta Indah Otsuka, Sumardi Widodo, selaku Direktur PT Amerta Indah Otsuka, Nadine Alexandra, Putri Indonesia 2010 yang turut menjadi aktivis lingkungan, serta perwakilan pemerintah lokal.

PT Amerta Indah Otsuka menginisiasi program Otsuka Ecovillage yang secara khusus fokus pada pengelolaan sampah terpadu yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mengubah perilaku masyarakat dalam mengelola sampah.

“Jadi objektif dari program kita adalah mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam mengelola sampah. Dengan harapan mereka akan mempunyai perilaku untuk mengelola sampah secara mandiri, sehingga di TPA nanti tidak semakin menggunung,” ujar Sumardi Widodo dalam konferensi virtual, Rabu (13/10/2021).

Selain itu, Aktris cantik Nadine Alexandra yang kini turut terjun langsung menjadi aktivis lingkungan, mengaku senang ikut andil dalam program Otsuka Ecovillage ini.

“Saya senang sekali saat diajak dalam Otsuka Ecovillage. Senang melihat bank sampahnya, melihat biopori-nya, karena saya memang dari dulu tahun 2010 sudah terjun ke dunia aktivis lingkungan,” ucap Nadine.

Nadine juga berharap dengan diadakan program Otsuka Ecovillage ini dapat terus berlanjut kedepannya agar kegiatan ini dapat berdampak positif bagi generasi berikutnya.

“Saya berharap semua orang ikut berpartisipasi, karena kalau program ini hanya satu orang saja, itu tidak akan kemana-mana, tapi kita harus bergerak menjadi satu komunitas yang sama. Karena dampak negatifnya akan ke cucu-cucu kita, mereka akan merasakan betapa sesaknya hidup di bumi yang penuh dengan sampah,” lanjutnya.

Tak hanya itu, melalui kegiatan ini PT Amerta Indah Otsuka mendorong masyarakat untuk membuat lubang biopori di lingkungannya untuk mengurangi timbunan sampah organik, menambah resapan air hujan, dan kompos hasil lubang biopori bisa dimanfaatkan untuk pertanian.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait