Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Punya Rekan Kerja Kompetitif? Ini Tips Menghadapinya

Indi Lusiani,
10 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Punya Rekan Kerja Kompetitif? Ini Tips Menghadapinya
Image: Ilustrasi Rekan Kerja Kompetitif (Freepik)

Jakarta -- Sebagian orang mungkin cukup beruntung bisa bekerja di lingkungan kerja yang positif. Sayangnya tidak semua seberuntung itu, banyak kasus persaingan di tempat kerja mengarah pada suasana negatif yang menyebabkan timbulnya stress di beberapa orang.  

Apakah kamu memiliki rekan kerja yang sangat kompetitif atau bahkan berusaha membuat kamu terlihat buruk sehingga mereka dapat lebih berkembang daripada kamu?

Berikut tips mengahadapi rekan kerja yang kompetitif yang telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak.

Baca Juga : 6 Rekan Kerja yang Bisa Menjatuhkan Karirmu

1.  Tetap Fokus 

Rekan kerja yang terlalu kompetitif dapat mengalihkan perhatian kamu dari pekerjaan. Jangan sampai kamu terpengaruh dan tetap fokus dalam melakukan pekerjaan kamu. Daripada bersaing lebih baik meningkatkan kinerja dan memberi kontribusi pada perusahaan. 

2.  Hilangkan Pikiran Negatif 

Selalu berpikiran positif terhadap pesaingmu itu memang sudah semestinya. Anggaplah pesaingmu adalah orang yang selalu memperhatikan dan memberikan masukan tentang segala bentuk kekurangan dalam hal kamu menyelesaikan pekerjaan. 

3.  Terus Kembangkan Inovasi 

Dalam lingkungan kerja kompetitif, akan ada banyak orang yang mencoba untuk selalu tampil menonjol. Di sinilah, tantangan kamu untuk dapat diingat oleh atasan juga rekan kerja kalian. Beranilah untuk mengambil inisiatif di setiap kesempatan yang ada.

Jangan takut untuk kelihatan beda karena justru ini kesempatan kalian untuk bisa menjadi yang terbaik walaupun berada di lingkungan kerja kompetitif. 

Baca Juga : 5 Cara Hadapi Rekan Kerja yang Baperan!

4.  Menegurnya Secara Langsung 

Merasa frustasi dan tetap berdiam diri menghadapi rekan kerja dengan tingkat kompetitif yang terlalu tinggi tidak ada gunanya, lho guys. Cobalah untuk berkomunikasi dan berbicara secara langsung dengan rekan kerja kamu. Sebab komunikasi menjadi dasar dan kunci untuk menyelesaikan suatu masalah.

5.  Minta Saran dari Atasan 

Jika cara di atas masih tidak mempan dan rekan kerjamu masih suka bersaing dengan cara yang sangat mengganggu, kamu bisa meminta nasihat dari atasan. Bicarakan masalahmu kepada atasan, seperti apa yang harus kamu lakukan untuk bertahan dalam menghadapi rekan kerja yang terlalu kompetitif. 

Ungkapkan juga bahwa persaingan yang ekstrem tersebut membuat produktivitasmu menurun. Jangan lupa, ceritakan dengan detail mengenai situasi di tempat kerja yang sudah tidak sehat lagi.

Nah, itu lima tips menghadapi rekan kerja yang kompetitif. Semoga bermanfaat ya, Urbanreaders!.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait