menu
user
URstyle

Ragam Tanaman Pengusir Hama, Wajib Punya di Rumah

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ragam Tanaman Pengusir Hama, Wajib Punya di Rumah
Image: Ilustrasi tanaman. (Pixabay/Karolina Grabowska)

Jakarta - Merawat tanaman di musim hujan memang menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, saat musim hujan tiba seringkali hama pada tumbuhan banyak berdatangan dan mengganggu tanaman yang kamu miliki.

Di musim hujan seperti sekarang ini, nyamuk dan serangga lain biasanya gemar bersarang di sekitar rumah.

Kehadiran nyamuk dan serangga dapat membawa beragam penyakit loh, seperti demam berdarah, chikungunya, dan malaria. Nggak Cuma nyamuk nih, Urbanreaders, bahkan serangga seperti lalat juga bisa menyebarkan penyakit diare dan lainnya.

Salah satu cara mengatasinya dengan memberikan tanaman pembasmi hama yang bisa diletakkan sekitar tanaman. Berikut ragam tanaman yang bisa kamu jadikan sebagai alat pengusir hama!

1. Kemangi

1614008626-daun-kemangi-pixabay.jpegIlustrasi daun kemangi. (Pixabay/Monicore)

Daun Kemangi mempunyai aroma yang sangat menyengat, sehingga membuat serangga sejenis larva, nyamuk, dan lainnya tidak menyukai daun kemangi. Tapi disi lain, daun kemangi mempunyai banyak manfaat, contohnya jika daun kemangi dikonsumsi bersama madu dapat menyembuhkan batuk.

2. Daun Mint

1614008868-daun-mint.jpgIlustrasi daun mint. (Pixabay/Monicore)

Sama halnya seperti daun kemangi, tanaman daun mint juga mempunyai aroma yang menyengat, sehingga tidak disukai oleh serangga seperti nyamuk, lalat, dan semut.

Selain aromanya yang menyengat, tanaman daun mint juga mempunyai kandungan esensial yang dapat meredakan gigitan serangga. Ada baiknya kalau kamu menanam daun mint di dalam pot bunga.

3. Kantong Semar

1614008970-kantong-semar.jpgIlustrasi kantong semar. (Pinterest/S Suryawan)

Tanaman yang satu ini dikenal sebagai pemakan serangga dan hewan lain yang terjebak dalam kantung semar tersebut. Kantong Semar adalah tumbuhan endemik yang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Pada waktu tertentu, kantong semar akan mengeluarkan bau menyengat. Bau tersebut berguna untuk menarik perhatian serangga. Selain itu, tanaman kantong semar mempunyai cairan khusus berfungsi untuk mencerna serangga yang terjebak di dalamnya.

4. Artemisias

1614009100-artemisias.jpgIlustrasi daun Artemisias. (Pinterest/publicdomainpictures)

Artemisias adalah salah satu tanaman jenis semak yang berguna untuk menolak kupu kubis, ngengat, kutu, lalat dan hama penggerek. Untuk menghalau hama tersebut, kamu cukup memanfaatkan bagian ranting yang sudah dikeringkan, lalu kemudian kamu tempelkan dalam satu wadah dan taruh di dekat tanaman milik kamu.

5. Marigold

1614009208-daun-Marigold.jpgIlustrasi daun Marigold. (Pinterest/ediblewildfood.com)

Tanaman yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan Tagetes. Tagetes ini seringkali digunakan sebagai border atau pembatas tanaman oleh para petani. Biasanya, Tagetes ditanam bersamaan dengan tanaman semusim. Kebanyakan serangga tidak menyukai aroma Tagetes karena berbau busuk.

Nah, itu dia beragam tanaman pengusir hama versi Urbanasia yang bisa kamu miliki di rumah, guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait