beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Rambut Sering Lepek, Ternyata Ini Penyebabnya!

Kintan Lestari,
25 November 2022 16.50.23 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Rambut Sering Lepek, Ternyata Ini Penyebabnya!
Image: Ilustrasi rambut lepek. (Freepik/master1305)

Jakarta - Rambut indah, wangi, dan mudah diatur jadi dambaan banyak perempuan. Sayangnya, nggak semua perempuan diberkahi rambut alami seperti itu. Mereka yang berhijab, justru sering kali rambutnya lepek. 

Rambut lepek kelihatannya berminyak, nggak bervolume, dan nggak menarik. Tapi kenapa sih rambut bisa sampai lepek? Yuk, kita cari tahu penyebabnya di bawah ini!

1. Rambutmu Tipis

Faktanya, orang dengan rambut halus cenderung memiliki lebih banyak folikel rambut daripada yang rambutnya tebal. Sebab rambut yang tipis, kulit kepala memiliki ruang untuk lebih banyak helai rambut. Nah, folikel rambut yang banyak menghasilkan lingkungan kulit kepala yang terlalu berminyak.

Setiap helai rambut melekat pada kelenjar minyak, sehingga produksi minyak yang berlebihan akhirnya membebani rambut. Hasilnya rambut terlihat lepek. Orang dengan rambut tipis juga memiliki rambut lepek karena kulit kepala mereka tidak memiliki cukup helai rambut untuk menciptakan tampilan yang bervolume.

2. Salah Pakai Produk

Kalau rambutmu tebal tapi masih lepek, itu artinya kamu menggunakan produk yang kurang tepat. Misalnya, kamu menggunakan produk rambut secara berlebihan dan tidak membilasnya dengan bersih, maka akan berakhir dengan rambut berminyak akibat terbebani oleh residu. Selain itu, menggunakan produk yang tidak sesuai dengan tekstur rambut dapat membuat rambut jadi lepek.

Nah, kalau kamu termasuk yang rambutnya lepek, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Kamu bisa menggunakan shampo dan kondisioner yang bisa mendetoks untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, debu, dan minyak yang terkumpul. Pastikan kamu membilasnya sampai bersih ya.

Mengaplikasikan shampo dan kondisioner yang mendetoks dapat mengembalikan pantulan dan kilau rambut sehingga terlihat lebih hidup. Kamu juga bisa menggunakan volumizing shampoo supaya rambut terlihat bervolume. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait