Jakarta – Gelaran Jember Fashion Carnaval yang digelar setiap tahun selalu menampilkan karya-karya istimewa. Tak heran jika karnaval busana yang diprakarsai oleh Dynand Fariz ini menjadi karnaval terbaik di Asia dan selalu ditunggu - tunggu oleh masyarakat. 

Namun seperti diberitakan, manajemen JFC tidak menggelar karnaval JFC seperti tahun-tahun sebelumnya karena saat ini pandemi COVID-19 masih melanda Indonesia.

Nah di tahun ini, Jember Fashion Carnaval justru mencetuskan World Kids Carnival 2020 (WKC), guys. 

Acara tersebut akan diselenggarakan pada 22 November 2020, bekerjasama dengan NPO WKM (World Kids Museum) dari Jepang sebagai inisiator acara virtual pertama WKC di dunia. 

Budi Setiawan atau Iwan selaku Presiden JFC menyampaikan,  WKC diselenggarakan untuk menyemangati masyarakat dunia agar tetap mampu berkarya di masa pandemi dengan protokol kesehatan yang benar melalui karnaval anak-anak yang mengangkat tema persaudaraan seluruh bangsa di dunia.

"Tujuan WKC adalah menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih menyatu dalam berbagi karya dan menyuarakan pesan perdamaian antar anak-anak bangsa. Juga untuk membangun organisasi anak internasional yang berperan dalam kegiatan exhibition dan event anak anak dunia," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (19/11/2020).

Acara virtual WKC 2020 akan melibatkan ratusan anak-anak yang melakukan parade dengan kostum unik yang diikuti oleh 12 Negara dari 5 benua diantaranya dari:

Benua Asia: Indonesia, Jepang, India dan Filipina.

Benua Amerika: Kanada.

Benua Eropa: Hungaria, Serbia, Bosnia Herzegovina.

Benua Afrika: Pretoria, Senegal dan Nigeria.

Benua Australia: Canberra. 

Pelaksanaan acara akan di dokumentasikan dalam tayangan pertunjukan anak yang didalamnya saling menyapa dan berbagi keceriaan dalam format video. 

Konten tersebut ditayangkan secara virtual pada saat show puncak di WKC 2020 yg diselenggarakan di Jember, Indonesia.

Selain itu akan ada penampilan dari Cinta Laura, Angel Pieters, dan Andien, yang akan di pandu oleh MC Okky Lukman juga save lagu anak anak & Kak Ria Enes, Naura dan Arsy Hermansyah.

“Kami berharap WKC 2020 yang pertama adalah dapat memberikan semangat untuk tidak berputus asa dalam upaya berkarya di masa pandemi ini, selain itu juga adalah menjadi titik awal hadirnya kegiatan berkelanjutan yang bersifat Internasional yang secara konsisten semakin membangun hubungan persaudaraan anak anak di seluruh dunia.” Tutup Mas Iwan.

Selain itu guys, ada juga rangkaian acara lainnya yang tak boleh dilewatkan yakni Exhibition dan Dynand Fariz Award yang akan diselenggarakan di bulan Mei 2021. 

Acara tersebut akan menampilkan foto exhibition dari 3 fotografer terkenal diantara nya Rio Motret, Wongsim dan Hariono Halim dengan melibatkan kurang lebih 50 model. 

Akan ada pula  Dynand Fariz Award loh, guys. Penganugerahan ini diberikan untuk untuk mengingat dan menghormati Dynand Fariz selaku pendiri JFC.

Komentar
paper plane