Jakarta - Pabrik LG Electronics yang berada di kawasan MM2100 Industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menjadi klaster baru virus corona (COVID-19).

Disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah, terdapat 238 pekerja LG Electronics yang betempat di Cikarang terpapar COVID-19.  

Hal itu kemudian dibenarkan oleh LG Electronics dalam keterangan resminya.

Dalam keterangan resmi yang dilaporkan kantor berita Perancis, Agence France-Presse (AFP), kantor dan pabrik LG Electronics di Cikarang tersebut akan ditutup dulu selama sembilan hari.

Swab Test dengan metode polymerase chain reaction (PCR) pun dilakukan LG Electronics kepada semua karyawannya.

"Perusahaan telah memeriksa semua karyawan yang bekerja di pabrik, dan yang hasil negatif akan kembali bekerja minggu depan," bunyi keterangan tersebut, dikutip, Rabu (26/8/2020).

Sementara pekerja yang terpapar COVID-19, akan menjalani isolasi, baik itu isolasi mandiri di rumah maupun di rumah sakit.

Selain tes masal, LG Electronics juga melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan terhadap seluruh properti demi menjaga keselamatan dan kesehatan para karyawannya.

"Perusahaan juga berencana akan memperketat jaga jarak fisik dan langkah pengamanan lainnya," katanya.

Diketahui, klaster pabrik LG Electronics di Cikarang tersebut berasal dari seorang karyawan yang bekerja di bagian staf kantor positif COVID-19.

Baru dari situ, sekitar 600 karyawan LG Electronics yang diperiksa, dan pabrik di Cikarang itu ditutup sementara.

Komentar
paper plane