menu
user
URoto

Resmi Mengaspal di Indonesia, Intip Fitur Ferrari F8 Spider 

Anisa Kurniasih,
23 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resmi Mengaspal di Indonesia, Intip Fitur Ferrari F8 Spider 
Image: Ferrari F8 Spider (PT Eurokars Prima Utama)

Jakarta - Kabar baik untuk pecinta Ferrari di tanah air nih! PT Eurokars Prima Utama (EPU) sebagai Distributor Ferrari di Indonesia telah resmi meluncurkan Ferrari F8 Spider di Indonesia, guys.

Dirancang oleh Ferrari Styling Center, F8 Spider merupakan pengembangan dari F8 Tributo, sebagai peralihan ke model desain baru yang menekankan berbagai karaktenstik utama Ferrari, yaitu performa tinggi dan efisiensi aerodinamika yang ekstrem. 

Beberapa tahun terakhir, Ferrari telah mengadopsi konsep bagian atas mobil dengan pilihan hard rop demi kenyamanannya. Hasilnya, desain F8 Spider dirancang berdasarkan konsep RHT (Retracrable Hard Top). 

Mobil mewah dengan mesin V8 tengah-belakang ini bergabung dengan Ferrari SF90 Stradale dan Ferrari Roma di dealer EPU Jakarta Selatan.

FYI guys, mesin paling bertenaga V8 berkapasitas 3.902 cc tersebut mampu menghasilkan tenaga 720 cv pada 8.000 rpm dan juga memiliki output daya yang mengesankan 185 cv/l. Torsi maksimumnya kini lebih tinggi dibandingkan semua percepatan mesin yakni sebesar 770 Nm pada 3.250 rpm.

Meski tampilannya terkesan lebih sporty, namun mobil ini tidak seekstrim 488 Pista Spider loh.

Fitur terpenting dari keseluruhan desain adalah pergeseran garis pemisah antara bodi mobil dan atap, dari posisi konvensionalnya di garis sabuk (setingkat bahu pengendara) ke posisi atas di pilar-B.

Dengan begitu, bagian atap mobil tampak lebih ramping dan memiliki dua dimensi, yang dapat dilipat menjadi dua bagian dan disimpan pada bagian atas mesin. 

Bicara soal eksterior depan, mobil ini dirancang berbasis S-Duct, sementara keseluruhan bagian mobil dari depan ke belakang telah dimodifikasi ulang untuk menciptakan aerodinamika yang lebih ekstensif.

Lalu, tampilan baru yang paling menonjol adalah lampu depan LED berbentuk horizontal yang lebih ramping dan stylish. 

“Tampilan spoiler belakang Ferrari F8 Spider dirancang ulang menjadi lebih besar dan menutupi area sekitar lampu belakang, sehingga memberikan efek centre of gravity rendah dan kembali mengadopsi lampu kembar klasik yang dipadukan dengan warna yang senada, seperti gaya Berlinetta 8-silinder dan juga 308 GTB, sebagai model pertama di seri legendaris tersebut,” tulis pihak Ferrari dalam rilis resminya.

Tampilan kap mesin mobil ini memiliki karakter yang berbeda, berbentuk menyerupai ikan pari manta yang dirancang dengan konstruksi rangka tengah dimulai dari kaca belakang menuju ke bawah sayap sposler, mengikuti arah aliran udara. 

Dua sayap di antara kap mesin berpadu harmonis dengan kerangka bodi, sehingga memberikan efek kontinuitas visual dari berbagai sudut. Desain elemen sayap tersebut menciptakan ruang bagi ventilasi aliran udara dibawahnya, sehingga mampu mengurangi hawa panas dari mesin.

Kisi-kisi yang terdapat pada ujung kap mesin juga mempermanis tampilan mobil ini dan menunjang desam kaca belakang versi coupe yang ikonik dan stylish.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait