Hot News
URsport

Resmi! Piala Thomas & Uber 2020 Ditunda

Rezki Maulana,
15 September 2020
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resmi! Piala Thomas & Uber 2020 Ditunda
Image: Ilustrasi bulutangkis. (Twitter @ChannelNewsAsia)

Kopenghagen - Piala Thomas dan Uber 2020 akhirnya ditunda. Ini menyusul mundurnya sejumlah negara peserta termasuk Indonesia.

Indonesia jadi negara terakhir yang mengundurkan diri dari turnamen yang sejatinya dihelat di Aarhus, Denmark, 3-11 Oktober itu. Sebelum Indonesia, ada Hong Kong, Singapura, Australia, Taiwan, Thailand, dan Korea Selatan.

Alhasil, dari seharusnya ada 16 negara yang ikut, cuma ada 12 negara yang masih bertahan. Mengingat Indonesia, Thailand dan Korea Selatan adalah negara yang punya basis pendukung badminton besar di dunia, maka Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) membuat keputusan.

BWF menunda penyelenggaraan turnamen itu setelah melakukan diskusi mendalam dengan federasi bulutangkis Denmark. Soal tanggal pengganti turnamen itu, BWF dan Denmark akan mencari waktu terbaik agar bisa menjaga kesehatan dan keselamatan semua peserta.

"Keputusan tersebut diambil setelah penarikan sejumlah tim peserta dari TOTAL BWF Thomas dan Uber Cup Finals dan putaran Eropa dari HSBC BWF World Tour yang telah disesuaikan," ujar pernyataan resmi BWF.

Namun, mengingat perkembangan terkait COVID-19 baru-baru ini di seluruh dunia, dan sejumlah tim dan pemain individu telah memilih untuk tidak melakukan perjalanan ke Denmark ke Aarhus dan Odense, maka sebuah pilihan yang harus dihormati dan diakui oleh BWF.

"Ini adalah keadaan luar biasa yang kami hadapi. Tapi kesehatan dan keselamatan seluruh komunitas bulutangkis adalah yang paling penting. Oleh karena itu, setelah diskusi panjang dengan pemangku kepentingan utama, mitra komersial, dan Asosiasi Anggota yang berpartisipasi, kami memutuskan tidak menggelarnya," lanjut dalam pernyataan BWF tersebut.

Meski Piala Thomas dan Uber ditunda, namun Denmark Open 2020 yang dihelat di Odense sebagai salah satu event BWF World Tour akan tetap dilanjutkan sesuai rencana yakni 13-18 Oktober.

Sementara, turnamen Denmark Masters 2020, yang sejatinya dihelat 20-25 Oktober, dibatalkan. Sementara tiga turnamen tur dunia yang dihelat di Asia juga kemungkinan tidak akan dihelat lagi tahun ini dan BWF akan memberikan pengumuman selanjutnya.


Loading ..