beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Ribuan Masyarakat Ikut Kirab Merah Putih, Bawa Bendera Sepanjang 1.700 Meter

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ribuan Masyarakat Ikut Kirab Merah Putih, Bawa Bendera Sepanjang 1.700 Meter
Image: Presiden Jokowi saat melepas rombongan Kirab Merah Putih di depan Istana Merdeka, Minggu (28/8/2022) pagi. (Dok. Setkab RI)

Jakarta - Puluhan ribu orang dari seluruh elemen bangsa, mulai dari organisasi masyarakat, mahasiswa, hingga masyarakat umum turut memeriahkan kirab Merah Putih bertajuk 'Menciptakan Kesatuan Indonesia yang Harmoni', Minggu (28/8/2022).

Kirab dimulai setelah dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta. 

Dilansir dari Antara, masyarakat tampak antusias mengikuti kirab kebangsaan ini. Pasalnya bukan hanya pelajar, pemuda, santri, TNI-Polri dan berbagai instansi pemerintahan, namun ada juga masyarakat lintas agama dan berbagai organisasi masyarakat lainnya yang turut hadir. 

Di barisan paling depan, tampak rombongan marching band memimpin peserta kirab. Beberapa peserta di belakangnya tampak menggunakan berbagai kostum unik. Mulai dari pakaian santri, berbagai baju adat daerah, dan ada juga yang mengenakan pakaian bertuliskan 'Kirab Merah Putih'. 

Rombongan pun tiba di Bundaran HI sekitar pukul 8.15 WIB. Setibanya di dana mereka langsung mengelilingi Bundaran HI sambil menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' bersama-sama. Mereka pun tampak membaur dengan warga lain yang sedang menikmati car free day di Bundaran HI.

Masih di Bundaran HI, acara dilanjutkan dengan tausiyah kebangsaan dan ikrar oleh Habib Luthfi bin Yahya. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga turut berpidato. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh para tokoh agama.

Polri memperkirakan acara ini dihadiri lebih dari 10 ribu peserta. Rencananya acara dijadwalkan berakhir pada pukul 09.00 WIB. 

Sebagai informasi, Kirab Merah Putih sepanjang 1.700 meter ini dimulai dilepas Presiden Jokowi di depan Istana Merdeka sekitar pukul 07.00 WIB. Rombongan kemudian berangkat ke Monas dan melanjutkan perjalanan ke Bundaran HI, Jakarta. 

Kirab Merah Putih ini merupakan acara kebudayaan dan berkesenian dalam keberagaman yang bertujuan meningkatkan persatuan dan kesatuan. Acara ini merupakan bagian dari peringatan HUT Ke-77 RI, Urbanreaders. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait