menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Round Up Top 5 News Urbanasia – 15 April 2021

Urbanasia,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Round Up Top 5 News Urbanasia – 15 April 2021
Image: AntaraNews//M Ibnu Chazar

 

Jakarta  -  Hari ketiga puasa Ramadan diwarnai oleh berita cuitan permintaan maaf warganet Indonesia untuk pasangan gay di Thailand dan kisruh Vaksin Nusantara. BPOM menyebut vaksin yang digagas oleh mantan menteri kesehatan Dr Terawan Agus itu mengakibatkan kejadian tidak menyenangkan (KTD). Ada juga berita ringan rilisnya drakor Hospital Playlist 2. Rangkumannya bisa Urbanreaders baca di Round Up Top 5 News berikut ini. 

Baca juga: Roundup Top 5 News Urbanasia, 14 April 2021

1. Buntut Pasangan Gay, Thailand Dihujat, Netizen Ramai-ramai Minta Maaf   

1618398219-gay-thailand.jpgSumber: Pasangan gay Thailand yang melakukan pernikahan dan mendapat hujatan dari netizen Indonesia (Suriya Koedsang/Facebook)

Hujatan sebagian warganet Indonesia untuk pasangan gay Thailand rupanya berbuntut panjang. Pasangan tersebut menanggapi serius hujatan itu hingga menempuh jalur hukum. Ancaman penangkapan bagi warga Indonesia yang berkunjung ke Thailand pun sempat dikeluarkan oleh pengacara yang bernama Ronnarong Kaewpetch. 

Netizen Indonesia akhirnya ramai-ramai meminta maaf ke mereka berdua dengan mencantumkan tagar #indonesiasaysorryforthailand. Tagar itu sempat menjadi trending di Twitter dan mencapai ratusan ribu cuitan. 

2. Operasi Ketupat: Nekat Mudik, Pelanggar Diminta Putar Balik 

Macet di Sukajadi.jpgSumber: Kemacetan di Sukajadi (Twitter/AriBaron_)

Jelang lebaran, kepolisian akan menggelar Operasi Ketupat pada 6-17 Mei 2021 untuk menghalau pemudik yang ingin pulang kampung. Ada 333 titik penyekatan yang dijaga ketat oleh polisi, tersebar mulai dari Lampung hingga Bali, termasuk jalur kecil dan alternatif. 

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono menegaskan akan mengedepankan sikap persuasif saat terjadi pelanggaran. Dia memastikan, anggotanya akan bertindak humanis dengan hanya memutarbalikkan kendaraan pelanggar. 

Baca juga: Dengan Aplikasi Propam Presisi, Masyarakat Bisa Adukan Kinerja Polisi 

3. Vaksin Nusantara Bermasalah, BPOM Sebut Subjek Mengalami KTD 

1617273245-vaksin-covid19.jpgSumber: Ilustrasi vaksin COVID-19. (Freepik)

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut seluruh relawan vaksin Nusantara mengalami Kejadian Tidak Diinginkan (KTD). 28 relawan itu dilaporkan mengalami nyeri lokal, nyeri otot, nyeri sendi, sakit kepala, kemerahan, gatal, lemas, mual, petechiae, batuk, pilek, hingga demam. 

Dari hasil inspeksi BPOM, ada beberapa masalah dalam proses pembuatan vaksin Nusantara. Di antaranya tidak memenuhi standar Good Manufacture Practice (GMP), tidak dibuat dalam kondisi steril dan bahan utamanya bukan merupakan pharmaceutical grade dan tidak dijamin sterilitasnya oleh pihak produsen di Amerika Serikat. 

4. tvN Umumkan Jadwal Tayang Drakor ’Hospital Playlist 2’ 

1618466484-tvn-hospital-playlist-2.jpgSumber: Lima pemeran utama drakor ‘Hospital Playlist 2’ di sesi pembacaan naskah. (Instagram @tvndrama.official)

Setelah lama dinanti, drama Korea (drakor) ‘Hospital Playlist’ season 2 akan tayang pada 17 Juni 2021. Pengumuman itu dirilis TV kabel Korea Selatan, tvN, bersamaan dengan foto-foto yang memperlihatkan para pemain tengah melakukan sesi pembacaan naskah pertama bulan Januari lalu.

‘Hospital Playlist’ adalah drama yang menceritakan kisah keseharian lima orang dokter yang bersahabat. Sepanjang tayang tahun lalu, drama bernuansa medis ini selalu meraih rating tinggi di setiap episodenya.  

5. Tarif Naik Mulai Juli 2021, PLN Pangkas Subsidi Listrik 450 VA dan 900 VA 

1618494532-Meteran-Listrik.jpgSumber: Pixaby

Pemerintah berencana menaikkan tarif listrik mulai Juli 2021. Salah satu skenario yang dipertimbangkan adalah menghapus 100 persen kompensasi yang selama ini dibayar pemerintah, sehingga tarif pelanggan golongan nonsubsidi akan lebih mahal.

Pelanggan pascabayar 450 VA yang sebelumnya gratis, kini hanya akan diberikan keringanan 50 persen. Untuk pelanggan pascabayar 900 VA yang sebelumnya mendapat diskon 50 persen, akan diberikan keringanan 25 persen. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon diberikan saat pembelian token. Jadi, harga pembelian  sudah dikurangi dengan diskon.  

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait