beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Roundup 13 Juli: Presiden Sri Lanka Kabur hingga MS Glow Kalah Sengketa

Urbanasia,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 13 Juli: Presiden Sri Lanka Kabur hingga MS Glow Kalah Sengketa
Image: Presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa (Foto: Paula Bronstein/Getty Images)

Jakarta - Beberapa berita menarik terangkum pada hari Rabu (13/7/2022). Yang pertama yaitu mengenai Sri Lanka yang sedang mengalami krisis ekonomi berkepanjangan. Presiden Gotabaya Rajapaksa diketahui melarikan diri ke Maldives menggunakan jet militer. Istananya kini berubah jadi tempat wisata rakyat. 

Yang kedua datang dari industri kecantikan Tanah Air. Brand lokal MS Glow kalah dalam sengketa merek melawan PS Glow di Pengadilan Negeri Surabaya. Akibatnya MS Glow harus membayar ganti rugi sekitar Ro 37,9 miliar dan menghentikan produksi serta penjualan produk.

Mau tahu rangkuman berita menarik lain? Yuk simak Roundup Top 5 News Urbanasia berikut ini. 

1. Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Melarikan Diri ke Maldives 

1657683346-gotabaya-rajapaksa.jpgSumber: Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa. (president.gov.lk)

Presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa, melarikan diri ke Maldives menggunakan jet militer bersama istri dan dua pejabat keamanannya. 
Sebelumnya, Rajapaksa telah berjanji mengundurkan diri pada hari ini, Rabu 13 Juli 2022. Namun, pagi tadi para pejabat mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa dia belum menyerahkan surat pengunduran diri kepada ketua parlemen.

Warga Sri Lanka menyalahkan pemerintahan Rajapaksa atas krisis ekonomi terburuk mereka. Selama berbulan-bulan mereka berjuang menghadapi pemadaman listrik setiap hari dan kekurangan kebutuhan pokok seperti bahan bakar, makanan dan obat-obatan. 

2. Kendaraan Belum Lulus Uji Emisi Akan Didenda saat Perpanjang STNK 

1657715436-uji-emisi-kendaraan-840x576-(1).jpgSumber: Ilustrasi uji emisi kendaraan (PMJ News)

Pemprov DKI Jakarta menetapkan kendaraan lulus uji emisi menjadi syarat perpanjangan STNK kendaraan bermotor. Dengan demikian, motor ataupun mobil yang belum melakukan uji emisi dengan usia kendaraan di atas 3 tahun akan dikenakan denda di akhir tahun 2022.

Rencana pembangunan rendah emisi karbon ini merupakan salah satu amanat dari Peraturan Gubernur Nomor 90 Tahun 2021 untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Sebab sarana transportasi warga telah menyumbang 75 persen dari pencemaran udara di Ibu Kota. Sehingga untuk menekannya butuh langkah-langkah strategis.

3. Tiket ke Pulau Komodo Naik Jadi Rp 3,75 Juta 

1657726156-komodo.jpgSumber: Taman Nasional Pulau Komodo (Foto: Travelgad)

Harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo bakal naik mulai 1 Agustus mendatang. Awalnya harga tiket masuk Pulau Komodo Rp 75 ribu untuk wisatawan dalam negeri dan Rp 225 ribu untuk wisatawan asing. Tapi kini harga tiket masuknya naik hingga Rp 3,75 juta.

Pemerintah juga akan membatasi kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo dan Pulau Padar karena ada pengurangan nilai jasa ekosistem di kawasan tersebut. Selain itu, ada beberapa isu yang perlu ditangani seperti pengelolaan sampah, pengamanan dan pengawasan kawasan. 

4. Singapore Open 2022: 9 dari 14 Wakil Indonesia Melaju ke Babak 16 Besar 

1657712576-Jojo-Singapore-Open-2022.jpgSumber: Jonatan Christie melawan Parupalli Kashyap di Singapore Open 2022. Sumber (Foto: Twitter @INABadminto)

9 dari 14 wakil Indonesia berhasil melaju ke babak 16 besar Singapore Open 2022 setelah lolos babak 32 besar yang digelar di Singapore Indoor Stadium, Rabu (13/7/2022). Sektor tunggal putra jadi penyumbang terbanyak dengan tiga wakil yaitu Jonatan Christie, Tommy Sugiarto, dan Anthony Sinisuka Ginting

Di sektor tunggal putri, hanya Gregoria Mariska Tunjung sedangkan di ganda campuran, ada pasangan Hafiz Faizal/Serena Kani dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas. Pasangan ganda putra juga mencatat tiga wakil, yakni Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. 

5. Kalah Sengketa, MS Glow Harus Ganti Rugi Rp 37,9 Miliar dan Stop Produksi 

1657714617-IMG-20220713-185427.jpgSumber: Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnamasari (Instagram @shandypurnamasari).

Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri (PN) Surabaya mengabulkan sebagian gugatan PS GLOW terhadap merek MS GLOW milik Gilang Widya Pramana alias Juragan 99 dan istrinya, Shandy Purnamasari. Alhasil Juragan 99 harus membayar ganti rugi lebih dari Rp 37,9 miliar dan menghentikan produksi serta penjualan produk MS GLOW di seluruh Indonesia.

Merespons hasil putusan PN Surabaya, Shandy pun buka suara. Lewat akun Instagramnya, Shandy mengaku kecewa dan sedih dengan putusan tersebut. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait