Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup 19 September: Ali Kalora Tewas Tertembak hingga BTS ke New York

Urbanasia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 19 September: Ali Kalora Tewas Tertembak hingga BTS ke New York
Image: BTS bersama Presiden Moon Jae-in (Foto: YONHAP / AFP)

Jakarta -- Sejumlah informasi menarik terangkum pada hari Minggu (19/9/2021). Terkait keamanan, Kapolda Sulawesi Tengah hari ini mengonfirmasi kabar tertembaknya teroris Mujahidin Indonesia Timur, Ali Kalora. Ali dan salah satu anggotanya yang bernama Jaka Ramadhan alias Ikrima, tewas dalam baku tembak dengan Satgas Madago Raya yang terdiri dari TNI dan polisi.

Dari dunia hiburan, netizen Indonesia ramai membicarakan undangan konser Global Citizen dari Coldplay untuk Presiden Jokowi. Dan para penggemar BTS, sedang siap-siap menunggu penampilan boy group idolanya tampil bersama Presiden Korsel, Moon Jae-in Senin besok. Ada acara apa? Simak ulasan singkatnya di Roundup Top 5 News Urbanasia berikut ini.

Baca Juga : Roundup 18 September: Atta Laporkan YouTuber hingga Tugu Sepatu di Sudirman

1. Fakta-fakta Tewasnya 2 Teroris Poso, Ali Kalora dan Jaka Ramadhan 

1632034567-Irjen-Rudy.jpgSumber: Irjen Polisi Rudy Sufahriadi bersama jajaran TNI-Polri. (Foto: PMJ News)

Pemimpin kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso, Sulawesi Tengah, Ali Ahmad alias Ali Kalora tewas pada Sabtu (18/9/2021). Hal tersebut dikonfirmasi Menko Polhukam Mahfud MD di akun Twitternya. Ali Kalora tewas dalam baku tembak antara Satuan tugas Madago Raya dengan anggota kelompok yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) teroris yang terjadi di Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu (18/9/2021) pukul 17.20 WITA.

Selain Ali Kalora, satu orang anggotanya juga meninggal akibat ditembak, yakni Jaka Ramadhan alias Ikrima. Dengan tewasnya kedua orang teroris Poso tersebut, Satgas masih memburu empat orang yang masih DPO, yakni Askar alias Jaid alias Pak Guru, Nae alias Galuh alias Mukhlas, Rukli, dan Suhardin alias Hasan Pranata.

2. Menhub Bakal Terbitkan Aturan Ganjil Genap di Banyak Tempat Wisata

1588063603-MENHUB4-1.jpgSumber: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. ANTARA/HO-BKIP Kemenhub/pri

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut bakal menerapkan kebijakan ganjil-genap di kawasan wisata untuk mencegah terjadinya kepadatan dan menekan penyebaran COVID-19. Pemberlakuan ganjil-genap di jalan-jalan menuju kawasan wisata akan berlaku mulai Jumat pukul 12.00 hingga Minggu pukul 18.00 WIB. 

Budi menambahkan, Peraturan Menhub soal kebijakan ganjil-genap di kawasan wisata akan segera dikeluarkan dan tidak hanya untuk kawasan Puncak, tapi juga di kawasan wisata lainnya di Indonesia selama PPKM.

3. Heboh Coldplay Undang Jokowi Hadiri Global Citizen Live 

coldplay.jpgSumber: Instagram/coldplay

Grup band asal Inggris Coldplay mengumumkan sebuah undangan yang ditujukan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akun Twitter resminya mereka pada Sabtu (18/9/2021). Dalam cuitannya, band yang beranggotakan Chris Martin, Johnny Buckland, Guy Berryman, Will Champion ini mengundang Jokowi untuk terlibat dalam Global Citizen Live.

"@Jokowi, mau kah Anda bergabung dengan @bankimooncentre dan koalisi penggiat iklim Indonesia di #GlobalCitizenLive untuk membuat komitmen terhadap planet ini? Karena Anda pemimpin, orang lain akan mengikutinya," cuit Coldplay.

Cuitan Coldplay itu dibalas mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal. Ia mengatakan sudah menyampaikan surat undangan pidato itu lewat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

4. Pertama Kali Pakai Paspor Diplomatik, BTS Tiba di New York sebagai Utusan Presiden 

1632040433-BTS.jpg

BTS dikabarkan telah mendarat di New York, Minggu (19/9/2021) pagi dalam rangka menghadiri acara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Paspor diplomatik diberikan kepada BTS setelah Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in memberikan surat penunjukan BTS sebagai utusan khusus presiden.

BTS dijadwalkan hadir dalam upacara pembukaan Sustainable Development Goals (SDG) pada Senin tanggal 20 September di New York (waktu setempat AS), bersama dengan Presiden Moon Jae-in. Presiden menunjuk Boy Group beranggotakan tujuh orang itu sebagai "utusan khusus presiden untuk generasi dan budaya masa depan". BTS juga akan memberikan pidato di sidang umum ke-76 PBB dan memutar video klip salah satu penampilannya.

5. Minta Maaf soal Komentari Video Santri, Deddy Corbuzier: Saya Bodoh 

1632049978-Deddy.pngSumber: Deddy Corbuzier. (YouTube Deddy Corbuzier)

Deddy Corbuzier meminta maaf atas komentarnya terkait video santri tutup telinga saat musik diputar di sebuah sentra vaksinasi. Dalam video terbaru di kanal YouTube miliknya, Deddy mengaku komentar yang ia layangkan tersebut adalah kesalahan.

"Saya meminta maaf sebesar-besarnya karena kemarin saya goblok saja sudah karena mengomentari masalah santri yang tutup kuping," katanya, Minggu (19/9/2021). "Itu memang saya bodoh banget pada saat itu tidak bisa melihat situasi yang terjadi pada saat itu," lanjutnya.

Deddy mengatakan, ia mengira para santri tersebut dilarang mendengarkan musik oleh gurunya, sementara gurunya justru tetap mendengarkan musik dan merekam aksi para santri itu.  

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait