beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Sambut Weekend, Ini Rekomendasi 6 Art Space di Bandung

Griska Laras,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sambut Weekend, Ini Rekomendasi 6 Art Space di Bandung
Image: Lawangwangi Art Space/[email protected]

Jakarta — Bandung masih menjadi destinasi wisata pilihan warga ibu kota di akhir pekan. Selain wisata alam yang beragam, kota berjuluk ‘bumi parahyangan’ ini juga memiliki nilai seni yang tinggi, lho. 

Ada banyak galeri seni kontemporer yang bisa kamu temukan dengan mudah di tiap sudut kota. Nah buat Urbanreaders yang bingung cari tempat liburan weekend nanti, berikut rekomendasi art gallery di Bandung!

1. NuArt Sculpture Park

1662011335-NuArt-Sculpture-Park.jpegSumber: NuArt Sculpture Park/[email protected]

NuArt Sculpture Park sangat populer di antara penikmat seni di Bandung. Galeri  seni ini didirikan I Nyoman Nuarta, pematung yang membuat ikon Garuda Wisnu Kencana (GWK). 

Berlokasi di lahan seluas 3 hektar, kamu bisa melihat karya Nyoman dari awal berkarier sampai yang terbaru. 

Usai lelah berkeliling museum, kamu bisa bersantai di arena amphitheater yang dibangun di antara pepohonan rindang. Tak perlu keluar arena jika lapar, sebab kamu bisa mengisi perut di restoran dan kafe di dalamnya. 

Untuk melihat koleksi Nyoman Nuarta di NuArt Sculpture Park, kamu perlu membeli tiket masuk seharga Rp 25 ribu. Pemesanan tiketnya bisa dilakukan secara online minimal H-1 sebelum kedatangan. 

Lokasi: Jalan Setra Duta Raya No L6, Ciwaruga, Parongpong, Bandung 

2. Selasar Sunaryo Art Space

1662011350-Selasar-Sunaryo.jpegSumber: Selasar Sunaryo/[email protected]

Selain NuArt Sculpture Park, Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) juga jadi tempat favorit untuk menikmati seni di Bandung. Di sini kamu dapat menikmati lukisan karya seniman asal Banyumas Sunaryo yang disusun rapi dalam bangunan minimalis semi outdoor. 

Bukan cuma lukisan karya Sunaryo, kamu juga bisa menikmati patung hingga instalasi karya seniman ternama lain. Misalnya ‘Nuansa Perjalanan’ karya Haryadi Suadi di tahun 1986. 

Keseluruhan area SSAS dirancang serba artistik, mulai dari ruang seni, amphitheater, kafe, toko souvenir, hingga pondok residensi. 

Ruang publik ini juga rutin mengadakan program menarik lho. Ada konser musik, pementasan teater, serta pembacaan karya sastra. 

Harga tiket masuk SSAS cukup terjangkau. Untuk orang dewasa harga tiketnya Rp 25 ribu, sedangkan anak-anak usia 6 - 12 tahun Rp 15 ribu. Selasar Sunaryo buka setiap Selasa – Minggu pukul 10.00 – 17.00 WIB. 

Lokasi: Jalan Bukit Pakar Timur No 100, Ciburial, Cimenyan

3. Wot Batu 

1662011358-Wot-Batu.jpegSumber: Wot Batu/[email protected]

Berjarak 200 meter dari Selasar Sunaryo Art Space, kamu dapat menemukan museum Wot Batu. 

Nama Wot Batu diambil dari gabungan bahasa Jawa dan Indonesia yang berarti jembatan batu. Seperti namanya, museum ini menampilkan koleksi berupa instalasi bebatuan karya Sunaryo. 

Ada sebelas instalasi yang dipajang secara artistik di taman dan kolam. Semua koleksi punya makna yang mendalam di baliknya, yakni tentang hubungan antara manusia dengan sang pencipta. 

Nah untuk masuk ke Wot Batu, kamu perlu membayar Rp 50 ribu. Museum ini buka setiap hari pukul 10.00 – 17.00 WIB. 

Lokasi: Jalan Bukit Pakar Timur No 98, Ciburial, Cimenyan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait