Hot News

Jakarta - Kalau kamu sering nonton film horor kamu pasti tahu selain hantu beberapa faktor pendukung juga bikin film tersebut jadi seram, salah satunya adalah lagu.

Lagu juga bisa menciptakan kesan horor yang membuat bulu kuduk jadi bergidik, contohnya ya lagu Lingsir Wengi.

Lagu Lingsir Wengi disebut-sebut merupakan lagu yang dapat memanggil makhluk halus. Lagu ini juga sering banget dipakai di film-film horor Tanah Air, salah satunya film Kuntilanak yang dibintangi Julie Estelle tahun 2006 lalu.

Film tersebut juga sukses membuat lagu Lingsir Wengi makin dipercaya sebagai lagu pemanggil makhluk halus. Padahal faktanya berbeda jauh lho.

Baca juga: Guys, Rasakan Hal Ini Nggak Saat Kamu Menonton Film Horor?

Berikut 5 fakta seputar lagu Lingsir Wengi yang perlu kamu tahu Urbanreaders.

1. Ciptaan Sunan Kalijaga

Tahu nggak lagu yang identik sama lagu pemanggil makhluk halus ini ternyata lagu ciptaannya Sunan Kalijaga lho. Lingsir Wengi awalnya merupakan lagu yang diciptakan Sunan Kalijaga dan biasa disenandungkan setelah melakukan salat malam karena isinya menyiratkan doa pada Tuhan. Namun karena ada perbedaan interpretasi makna (khususnya di film), lagu ini jadi dimaknai lagu pemanggil setan dan punya image menyeramkan.

2. Bukan Lagu Pemanggil Makhluk Halus

Seperti disinggung sebelumnya, lagu ini disebut lagu pemanggil makhluk halus. Padahal Sunan Kalijaga menyenandungkan lagu Lingsir Wengi usai solat malam, yang kalau dipikir dengan akal sehat tentu sehabis salat orang akan menyenandungkan doa-doa yang baik. Nah Sunan Kalijaga rupanya menciptakan lagu ini untuk menolak bala juga menghindari gangguan jahat makhluk halus.

3. Sering di Senandungkan di Film Horor

Karena punya kesan menyeramkan dan dipercaya merupakan lagu pemanggil makhluk halus, udah pasti lagu ini sering dipakai di film horor. Selain film Kuntilanak (2006), film lainnya yang juga menggunakan Lingsir Wengi adalah film The Doll 2 yang dibintangi Luna Maya dan Tembang Lingsir yang dibintangi Marsha Aruan.

4. Merupakan Lagu Pengantar Tidur

Sama seperti lagu Nina Bobo, dulu Lingsir Wengi juga digunakan sebagai lagu pengantar tidur untuk anak-anak. Lagu tersebut digunakan sebagai pengantar tidur lantaran iramanya yang mendayu-dayu. Liriknya juga penuh harapan sehingga pas digunakan ibu-ibu untuk menidurkan anaknya.

5. Jadi Seram karena Kita Tidak Mengerti Makna Liriknya

Lingsir Wengi iramanya mendayu-dayu juga bertempo lambat. Ditambah lagi lagu ini diiringi dengan musik gamelan dan menggunakan pakem Durma dari gending Jawa yang punya alunan lagunya terkesan suram dan menyayat hati. Dan yang terpenting lagu ini dilantunkan dalam bahasa Jawa.

Nah dari semua faktor itu sudah pasti orang yang tidak paham bahasa Jawa akan merasa lagu tersebut mistis. Padahal kalau diteliti maknanya Lingsir Wengi punya makna yang mendalam dan indah.


Loading ..