menu
user
URnews

'StopAsianHate' Bentuk Protes Netizen soal Kematian 6 Wanita Asia di AS

Eronika Dwi,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
'StopAsianHate' Bentuk Protes Netizen soal Kematian 6 Wanita Asia di AS
Image: Ilustrasi ditembak. (Foto: Freepik)

Jakarta - Media sosial tegah diramaikan dengan seruan protes rasisme terhadap warga Asia.

Terlihat dari trending topic Twitter yang dipenuhi oleh berbagai hastag terkait protes tersebut, seperti 'StopAsianHate', 'AsianAreHuman', dan 'RacismIsNotComedy'.

"Mari kita berdiri bersama untuk mencegah kekerasan dan kebencian terhadap komunitas Asia ini," tulis seorang netizen.

"Seperti yang dibuktikan lebih lanjut oleh tragedi hari ini, retorika rasis terlalu berbahaya untuk diabaikan," cuit netizen lainnya.

Seruan tersebut berawal dari adanya peristiwa penembakan yang baru-baru ini menimpa delapan orang, enam di antaranya merupakan wanita asia.

Penembakan tersebut terjadi di tiga panti pijat dan spa di Atlanta, Georgia, Amerika pada Selasa (16/3/2021) waktu setempat.

Melansir Nydailynews, Rabu (17/3/2021), tersangka utama ketiga kasus penembakan tersebut adalah pria usia 21 tahun bernama Robert Aaron Long.

Robert ditangkap di Crisp County, kurang lebih 240 kilometer di selatan Atlanta, dan langsung dibawa ke penjara Crisp County.

"Tersangka ditangkap tanpa perlawanan dan sekarang telah dibawa ke penjara Crisp County," kata Kepolisian Atlanta.

Menurut keterangan polisi, penembakan tersebut dimulai sekitar pukul 16:50 waktu AS di sebuah panti pijat bernama Young’s Asian Massage Parlour.

Di spa tersebut dua orang wanita Asia, seorang wanita kulit putih dan pria kulit putih ditembak mati, serta seorang pria Hispanik menjalani perawatan di rumah sakit.

Sekitar satu jam kemudian, empat wanita Asia lainnya ditemukan tewas di dua spa di Atlanta.

Tiga wanita tewas ditembak di Gold Spa di timur laut Atlanta, dan yang keempat tewas di seberang jalan Aromatherapy Spa.

Penemuan korban berawal dari adanya panggilan ke Kantor Kepolisian Cherokee County. Mereka menerima laporan adanya suara tembakan di di Panti Pijat Young’s Asian Massage Parlour.

Polisi pun langsung bergerak ke lokasi tersebut dan mendapati lima orang terkapar dengan luka tembak.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait