menu
user
URnews

UMG IdeaLab Dirikan Platform untuk Penyaluran Gerakan Sosial

Afid Ahman,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
UMG IdeaLab Dirikan Platform untuk Penyaluran Gerakan Sosial
Image: Ilustrasi solidaritas (Pixabay/CJMM)

Jakarta - UMG Idealab, perusahaan Venture Capital (VC) dan sekaligus Venture Builder (VB), menginisiasi kampanye sosial online dengan mendirikan platform Gerakanbaik.com. Peluncuran gerakan ini bertujuan untuk mewadahi gerakan sosial dengan mempertemukan ide inisiator, dukungan partner, dan peran partisipan demi kemajuan bangsa Indonesia. 

Gerakan Baik berfokus pada beberapa bidang utama, yakni bidang kesehatan, ketahanan pangan, kemajuan teknologi informasi, dan penciptaan lapangan kerja. Meski begitu, Gerakan Baik terbuka terhadap berbagai inisiasi gerakan yang dapat membantu Indonesia untuk semakin baik dari sekarang di berbagai lini, termasuk kebencanaan yang banyak terjadi di Indonesia saat ini.

Mengacu data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 532 bencana alam melanda Indonesia selama periode 1 Januari sampai 20 Februari 2021. Disebutkan juga warga yang terpaksa mengungsi akibat bencana alam mencapai 2.782.350 jiwa. Tingginya angka bencana alam yang terjadi di Indonesia tentunya memerlukan dukungan dari berbagai pihak.

Managing Partner UMG IdeaLab Kiwi Aliwarga menilai antusiasme masyarakat untuk membantu sesama sebenarnya cukup tinggi, namun terkendala pada wadah dan bagaimana cara mengimplementasikan niat baik tersebut.

1615028324-gerakan-baik.jpegSumber: kampanye sosial online dengan mendirikan platform Gerakanbaik.com (tangakapan layar Gerakan Baik)

“Gerakanbaik.com terbuka untuk semua ide kegiatan yang positif, termasuk membantu korban bencana. Mari kita gunakan platform Gerakanbaik.com untuk menjadi salah satu wadah bagi niat baik dalam membantu saudara-saudara kita yang mengalami musibah bencana alam yang masih terjadi hingga saat ini,” ujar Kiwi.

Di Gerakanbaik.com ada tiga peran yang dapat dijalankan, yakni Inisiator, Partner, dan Partisipan. Inisiator dapat berupa pemerintah, perusahaan, LSM, maupun individu untuk menginisiasi gerakan atau kampanye sosial baru yang dapat bermanfaat bagi kepentingan bersama.

Dukungan sebuah gerakan akan dilakukan oleh Partner, baik berupa barang maupun tempat. Sementara, peran Partisipan adalah menjadi sukarelawan dalam sebuah gerakan.

Peran yang dipilih peserta pun tidak terbatas pada satu peran saja melainkan bisa ketiganya. Ke depannya, tidak menutup kemungkinan UMG IdeaLab akan memfasilitasi penggalangan dana di platform ini.

Untuk dapat bergabung ini cukup mudah. Cukup buka situs resminya, pilih peran yang akan dipilih–inisator, partner, atau partisipan–, isi data diri singkat, dan lakukan pendaftaran.  Setelah melalui proses verifikasi dan asesmen, pendaftar dapat melanjutkan gerakan sosialnya.

“UMG IdeaLab sedang berupaya mengembangkan wadah satu pintu dalam perkembangan Gerakanbaik.com. Sehingga bukan tidak mungkin ke depannya Gerakanbaik.com menjadi social one-stop crowdfunding platform,” tutup Kiwi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait