menu
user

Surabaya - Selain jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), ternyata Universitas Airlangga (Unair) Surabaya juga akan membuka jalur mandiri loh. Jalur mandiri di Unair tahun ini akan dibuka pekan depan dan dibagi dalam dua kelompok, Urbanreaders.

Ada jalur masuk Mandiri Kemitraan dan Mandiri Regular. Kira-kira apa ya bedanya?

Rektor Unair, Prof Moh Nasih mengatakan kedua jalur ini berbeda. Dalam konferensi pers yang digelarnya pada Selasa (14/7/2020) lalu, Nasih menjelaslan bahwa pada jalur Mandiri Kemitraan peserta mendaftar menggunakan nilai UTBK. Sementara Mandiri Reguler, peserta harus mengikuti tes tulis di Unair.

"Mandiri Kemitraan prinsipnya diperuntukan bagi mitra Unair, baik perusahaan, institusi, atau yayasan. Untuk mendaftarkan putra putri dari karyawan mereka," kata Prof Nasih.

Nah dalam program ini, SP3 atau Uang Kuliah Awal (UKA) mahasiswa nantinya diharapkan bisa dibayarkan oleh perusahaan mitra. Sementara Untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau Uang Kuliah Semester (UKS) akan dibebankan kepada mahasiswa itu sendiri. 

Nasih berharap program ini bisa menjadi solusi tepat antara mitra dan Unair, sebab kerja sama keduanya bisa berlangsung sepanjang mahasiswa menjalankan studinya. Misalnya untuk magang dan penempatan kerja setelah lulus, sehingga waktu tunggu lulusan tidak terlalu lama.

"Model kemitraan ini kami harapkan dapat mempercepat proses Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (Program Kemendikbud). Sehingga mitra akan bersama dengan Unair untuk melakukan banyak hal," jelasnya.

Nah untuk jalur Mandiri Reguler, Nasih mengaku pihaknya membuka jalur ini untuk mengakomodir calon mahasiswa yang tidak dapat mengikuti UTBK. Sehingga Urbanreaders masih punya kesempatan untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes yang jadwal dan mekanismenya telah ditetapkan oleh PPMB Unair.

Untuk Urbanreaders yang ingin tahu lebih lanjut soal jalur mandiri ini, kamu bisa pantau jadwal dan persyaratan pada laman PPMB Unair di sini. Pendaftaran jalur Mandiri Unair akan dibuka pada 20 Juli mendatang. Jadi, jangan sampai kelewatan dan catat tanggalnya ya!

 

Komentar
paper plane