Hot News

Newcastle - Kabar baik untuk fans Newcastle United yang ingin lepas dari jeratan Mike Ashley. The Magpies dalam proses akuisisi oleh Pangeran Arab Saudi yang kaya raya. Wow!

Newcastle sejak dimiliki Mike Ashley 13 tahun lalu memang mengalami pasang surut prestasi. Ashley terkenal pelit untuk menginvestasikan tim sehingga Newcastle sulit bersaing di papan atas.

Bahkan selama kepemimpinan Ashley, Newcastle dua kali terdegradasi pada 2009 dan 2016. Oleh karenanya, fans yang sudah muak menuntut Ashley untuk menjual.

Setelah berkali-kali diisukan akan menjual klub, Ashley akhirnya luluh juga. Seperti dikutip Sky Sports, tawaran senilai 300 juta paun tak kuasa ditolak Ashley.

Tawaran itu datang dari Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman, melalui perusahaan miliknya, PCP dan Saudi Public Investment Fund (PIF). Tapi hanya PCP pimpinan Amanda Staveley yang tercatat dalam dokumen legal.

PIF nantinya diprediksi akan menguasai 80 persen saham Newcastle. Sisa 10 persen akan dimilik Staveley yang ditunjuk sebagai presiden klub baru dan sisa 10 persen lainnya diberikan dua miliarder bersaudara asal Inggris, David dan Simon Reuben, yang masuk dalam konsorsium.

Jika berjalan lancar nantinya proses pembelian ini akan rampung dalam sebulan. Newcastle bisa berharap banyak bisa bersaing di papan atas pada musim depan ketika pandemi virus corona berakhir.

Newcastle akan jadi pesaing berat Manchester City yang sama-sama dimiliki pengusaha kaya asal Timur Tengah. City kini dimiliki Sheikh Al Mansour yang berasal dari Uni Emirat Arab.

 


Loading ..