beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

WhatsApp Community Sudah Tersedia, Begini Cara Buat dan Pakainya

Shinta Galih,
9 November 2022 11.42.49 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
WhatsApp Community Sudah Tersedia, Begini Cara Buat dan Pakainya
Image: Ilustrasi WhatsApp Community. (Istimewa)

Jakarta - Fitur WhatsApp Community atau Komunitas akhirnya dirilis dan bisa dipakai pengguna di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari simbol grup di kiri atas menu WhatsApp-mu. Berikut cara membuat dan menggunakannya.

Dalam blog resminya, WhatsApp menjelaskan kalau fitur barunya ini dapat menghubungkan beberapa grup bersama di bawah satu payung sehingga memudahkan dalam mengelola percakapan grup di WhatsApp. Satu komunitas bisa menampung hingga mencapai 50 grup sekaligus dengan 5.000 anggota.

Pihak WhatsApp mengambarkan kalau fitur Komunitas layaknya sebuah majalah dinding di sekolah. Fitur dapat dimanfaatkan sebagai tempat mengumumkan atau menyebarkan informasi tertentu satu pintu dari kelompok atau komunitas tertentu.

"Dengan Komunitas, kami memiliki tujuan untuk meningkatkan standar tentang cara organisasi berkomunikasi dengan tingkat privasi dan keamanan yang tidak akan ditemukan di platform lain. Alternatif yang tersedia saat ini memerlukan aplikasi atau perusahaan perangkat lunak yang dapat dipercaya dengan salinan pesan mereka, dan kami yakin mereka layak mendapatkan tingkat keamanan lebih tinggi yang disediakan oleh enkripsi end-to-end," ujar WhatsApp dikutip Urbanasia, Rabu (9/10/2022).

Cara membuat komunitas WhatsApp

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel

2. Ketuk ikon obrolan di sudut kanan bawah untuk pengguna Android atau bagian bawah iPhone 

3. Pilih Komunitas baru

4. Masukan nama komunitas, deskripsi, dan gambar jika berkenan, selanjutnya ketuk panah kecil di sudut kanan bawah

5. Untuk memulai, ketuk tab komunitas baru di bagian atas chat di Android dan di bagian bawah di iOS

6. Selanjutnya, kamu dapat memulai Komunitas baru dari awal atau menambahkan grup yang sudah ada

7. Pilih grup yang ingin menambahkan dari daftar dan ketuk panah kecil di sudut kanan bawah

Selain Community, ada tiga fitur baru lainnya yang tak kalah menarik. Kini pengguna dapat membuat polling dalam chat, panggilan video hingga 32 orang, dan grup beranggotakan maksimum 1024 pengguna. 

Sama halnya dengan reaksi emoji, itu dapat digunakan di grup mana pun tetapi akan sangat berguna untuk Komunitas.

"Ada banyak hal yang kami rencanakan untuk dibangun dan kami akan terus menambahkan fitur dalam beberapa bulan mendatang. Untuk saat ini, kami sangat senang dapat menyampaikan informasi ini ke lebih banyak orang dan kami sangat menantikan masukan dari Anda," pungkas WhatsApp.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait