menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

12 Klub Top Eropa Sepakat Bentuk European Super League

Nivita Saldyni,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
12 Klub Top Eropa Sepakat Bentuk European Super League
Image: Bola liga Champions 2020. (Ilustrasi/Twitter @uefa)

Jakarta - Sejumlah klub sepak bola top Eropa telah sepakat membentuk kompetisi baru bernama European Super League. Sejauh ini telah ada 12 klub sepak bola yang dipastikan ikut dalam kompetisi ini.

Pengumuman tim yang bergabung pada European Super League sudah diketahui sejak Minggu (18/4/2021) malam. Dilansir dari Fox, 12 klub sepak bola yang akan bergabung pada kompetisi ini di antaranya enam klub dari Inggris, tiga klub dari Spanyol, dan tiga klub dari Italia. Mereka adalah Manchester United, Liverpool, Manchester City, Arsenal, Chelsea, Tottenham, Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Juventus, AC Milan, dan Inter Milan.

Diperkirakan bakal ada tiga klub lagi dari Founding Clubs atau klub pendiri yang bakal bergabung. Namun hingga saat ini belum diketahui pasti identitas tiga klub bola lainnya itu.

Sementara itu, European Super League melaporkan bahwa  rencananya bakal diikuti oleh 20 klub Eropa. Berikut poin-poin format pertandingan European Super League seperti yang dikutip dari Evening Standard:

1. 20 klub peserta dengan rincian 15 klub pendiri dan 5 klub yang lolos kualifikasi tahunan berdasarkan capaian mereka di musim sebelumnya.
2. Pertandingan tengah pekan, semua klub peserta masih akan bermain di liga nasional masing-masing.
3. Turnamen dimulai pada Agustus. Klub-klub peserta dibagi menjadi dua grup dengan 10 peserta, bermain kandang-tandang.
4. Tiga tim teratas di setiap grup akan otomatis lolos ke babak perempat final. Tim yang berada di peringkat empat dan lima akan bersaing dalam dua leg play-off untuk merebutkan dua slot di perempat final.
5. Mulai babak perempat final akan dimainkan dalam dua leg.
6. Final akan dihelat di tempat netral.

Namun, European Super League mendapat kecaman dari FIFA dan UEFA. Pasalnya kompetisi ini bakal menjadi kompetisi tandingan Liga Champions. Bahkan pada saat bersamaan, UEFA telah memperingatkan seluruh klub bahwa mereka bakal dilarangan ikut kompetisi domestik dan internasional jika mereka menjadi rival dari Liga Champions.

Kendati demikian pihak European Super League yakin bisa mencapai kesepakatan dengan UEFA dan liga-liga terkait. Direktur pertama European Super League yang juga Presiden Real Madrid, Florentino Perez bahkan memastikan encana ini adalah pilihan terbaik bagi sepak bola.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait