menu
user
URtech

3 Rekomendasi Aplikasi Scanner Foto hingga Dokumen di HP

Nivita Saldyni,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Rekomendasi Aplikasi Scanner Foto hingga Dokumen di HP
Image: Google PhotoScan. (Google Play)

Jakarta - Foto adalah alat yang tepat untuk menyimpan memori penting tentang seseorang, tempat, bahkan peristiwa yang dialami seseorang. Nah seiring berkembangnya jaman, menyimpan foto di handphone, komputer, atau secara online jadi cara terbaik agar memori itu tak mudah hilang.

Untuk pengguna Android dan iOS, beberapa aplikasi untuk scan foto-fotomu bisa ditemukan dengan mudah di Google Play Store atau App Store loh. Aplikasi ini membantu kamu mengubah foto fisik ke dalam bentuk digital sehingga bisa bertahan lebih lama. Berikut rekomendasi tiga aplikasi scan foto di smartphone yang dikutip dari PC Mag, Senin (5/4/2021):

1. Google PhotoScan

1617601213-Google-PhotoScan-2.jpegSumber: Google PhotoScan. (Google Play)

Aplikasi pertama yang bisa kamu coba adalah Google PhotoScan. Aplikasi yang punya tampilan sederhana ini juga sangat mudah digunakan. Selain pengguna Android, aplikasi ini juga bisa diakses secara gratis di iOS loh.

Cara menggunakannya pun mudah, ambil foto yang ingin discan. Lalu arahkan handphonemu secara horizontal agar sejajar dengan foto hingga muncul empat lingkaran putih. Kemudian gerakkan handphone hingga lingkaran putih berada disudut-sudut foto, sesuai dengan foto yang discan. Kemudian cek hasil scan fotomu. Kamu bisa mengulangnya jika hasil belum sesuai. 

Menariknya, kamu tak hanya bisa menyimpan foto tersebut di handphonemu. Hasil scan foto tersebut bisa langsung kamu bagikan ke email atau aplikasi lainnya yang tersedia. Mudah, kan?

2. Microsoft Office Lens

Aplikasi lainnya yang bisa kamu coba adalah Microsoft Office Lens. Aplikasi ini juga bisa diakses gratis oleh pengguna Andoid dan iOS loh. 

Aplikasi satu ini bisa digunakan untuk scan berbagai dokumen. Mulai dari foto, kertas, kartu nama, dan banyak lagi lainnya. Cara penggunaannya pun mudah dan tak jauh berbeda dengan Google PhotoScan, tinggal donwload aplikasi lalu scan foto yang diinginkan.

Aplikasi ini juga dilengkapi beberapa fitur pendukung, seperti flash untuk pencahayaan yang lebih dan filter foto untuk saat ingin bereksperimen dengan hasil scan-mu. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kita menambahkan tulisan di hasil scan fotonya. Terakhir, jangan lupa simpan dan bagikan hasil scanmu ke Microsoft OneDrive, Outlook, email, dan lain sebagainya.

3. TurboScan

1617601306-scan-dokumen-Pixabay.JPGSumber: Ilustrasi scan tulisan. (Pixabay/ashirova0)

Terakhir ada aplikasi TurboScan yang juga bisa memindai berbagai dokumen ke hnadphone kamu. Mulai dari kartu nama, surat, foto, dan masih banyak lagi lainnya. Aplikasi ini juga tersedia di Android dan iOS dalam dua versi. Ada yang gratis untuk tiga pemindaian dan berbayar untuk memindai file tanpa batasan. 

Aplikasi ini menawarkan beragam fitur yang memungkinkan kita menggunakan flash, mengatur ukuran halaman default, format dan output nama file default (termasuk PDF dan JPG), sampai menambahkan cap tanggal. Cara kerjanya pun sederhana dan sama dengan Google PhotoScan dan Microsoft Office Lens. 

Terakhir, kamu bisa menyimpannya di galeri atau labgsung membagikannya ke berbagai aplikasi percakapan, email, dan lainnya. 

Nah kalau Urbanreaders lebih suka aplikasi yang mana nih?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait