Yogyakarta - Pandemi COVID-19 telah memaksa kita untuk menghabiskan waktu lebih banyak di depan gadget. Baik pelajar, mahasiswa, pekerja, semua kini dituntut untuk melakukan aktivitas dari rumah secara online.

Nah, tapi sadarkah kamu kalau kondisi ini bisa menimbulkan berbagai permasalahan pada mata kita? Yap, menatap layar gadget terlalu lama bisa menyebabkan mata cepat lelah, kering, bahkan terasa nyeri.

Tapi Urbanreaders jangan khawatir. Dokter spesialis mata Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. Tri Winartipunya, punya tips mudah untuk kami praktikkan agar kesehatan mata tetap terjaga selama pandemi COVID-19 ini. 

Tips pertama, kamu bisa menerapkan metode 20-20-20. Nah apa itu metode 20-20-20?

Tri menjelaskan, metode ini digunakan untuk mengurangi ketegangan mata karena menatap layar gadget guys. Caranya, setiap 20 menit kita menatap layar maka kita harus mengalihkan pandangan dari layar komputer dengan memandang benda berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

“Jadi setiap 20 menit melihat layar, pandangan mata dialihkan melihat objek sejauh 20 kaki selama 20 detik untuk relaksasi mata. Buat remainder seperti catatan yang ditempel di komputer atau alarm agar tidak lupa mengimplementasikannya,” kata Tri dalam webinar 'Menjaga Kesehatan Mata Selama Kelas Online' yang digelar Selasa (20/10/2020) lalu.

Tips kedua, kamu bisa mengatur tingkat kecerahan pada layar gadget guys. Nah Urbanreaders bisa nih mengatur tingkat kecerahan layar yang sesuai, tidak terlalu gelap dan juga tidak terlalu terang. 

“Pencahayaan sebaiknya jangan teralu terang atau terlalu redup. Atur kecerahan layar agar nyaman saat digunakan, misalnya pada tingkat 50 persen,” jelasnya.

Tips ketiga, kamu juga bisa nih menata ruangan yang kamu gunakan untuk belajar atau bekerja. Usahakan, ruangan yang kamu gunakan memiliki pencahayaan yang baik.

Kamu juga bisa atur fan speed pada AC atau kipas angin yang kamu gunakan agar tidak terlalu kencang. Jangan lupa, hindari posisi hembusan angin ke arah wajah secara langsung agar mata tak mudah kering.

Nah itu dia tiga tips dari dr. Tri Winartipunya untuk menjaga kesehatan mata selama pandemi COVID-19. Gimana, mudah bukan?

 

Komentar
paper plane