Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

4 Bahan Skincare untuk Hilangkan Komedo

Kintan Lestari,
25 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Bahan Skincare untuk Hilangkan Komedo
Image: Tips angkat komedo di wajah (Freepik)

Jakarta - Ada banyak cara untuk menghilangkan komedo di hidung yang bisa kamu jajal, baik itu menggunakan bahan alami sampai produk instan yang dijual di pasaran. 

Pasalnya beberapa orang merasa sangat terganggu dengan kemunculan bintik-bintik hitam di hidung mereka.

Apa penyebab komedo di hidung? Melansir Medical News Today, komedo muncul karena folikel rambut tersumbat oleh keratinosit (zat protein) serta sebum (zat lemak). 

Ketika sebum bersentuhan dengan udara, oksidasi menyebabkannya menjadi gelap sehingga terbentuklah apa yang kita kenal dengan komedo hitam di hidung. Area hidung lebih rentan muncul komedo karena bagian wajah tersebut punya kelenjar minyak lebih banyak.

Menghilangkan komedo sebenarnya bisa dengan bahan alami, tapi banyak orang malas karena butuh usaha untuk menerapkannya. Solusi mudahnya bisa dengan menggunakan produk skincare.

Beberapa produk skincare mengklaim dapat mengatasi komedo. Sebagai konsumen tentu kita perlu pintar memilih produk yang akan digunakan dan jangan terlalu percaya pada klaim yang ditawarkan. Caranya ya dengan melihat bahan kandungan di dalam skincare.

Ada beberapa bahan kandungan dalam skincare yang bisa membantumu menghilangkan komedo. Apa saja? Berikut daftarnya, Urbanreaders:

1. AHA dan BHA

1623980766-eksfoliasi---freepik.jpgSumber: Ilustrasi Eksfoliasi Skincare. (Freepik)

Bahan kandungan selanjutnya yang harus ada dalam produk perawatan wajah kamu adalah alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA).

Keduanya adalah exfoliant kimia yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari lapisan atas kulit mu yang mana menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo. So, kandungan ini umumnya terdapat di produk peeling.

Maka dari itu, kombinasi AHA dan BHA bisa kamu pakai untuk mengatasi komedo. Nggak cuma komedo saja sebenarnya, dua kandungan ini juga bisa mengatasi berbagai masalah kulit lain, seperti pori-pori besar, jerawat, hiperpgmentasi, sampai keriput.

Tapi perlu diingat, produk yang mengandung AHA BHA membuat kulit lebih sensitif dengan sinar matahari. So, jangan lupa untuk memakai sunscreen apabila produk skincare kamu mengandung dua bahan aktif ini ya. 

2. Glycolic Acid 

1631526187-serum.pngSumber: Ilustrasi serum. (Unsplash/Mathilde)

Glycolic Acid atau asam glikolat sebenarnya salah satu jenis AHA yang paling umum. Molekulnya yang kecil bisa dengan mudah menembus lapisan atas kulit untuk melarutkan sebum dan sel-sel kulit mati yang membentuk komedo.

Asam glikolat juga menghilangkan lapisan permukaan kulit untuk membantu membebaskan material yang terperangkap di dalam pori-pori.

Kandungan ini umumnya terdapat di produk skincare berupa cleanser atau pembersih wajah, serum, dan produk peeling. Pemilik kulit kering disarankan untuk mencari produk skincare dengan kandungan ini.

3. Salicylic Acid

1622165690-diy-pelembap---freepik-jcomp.jpgSumber: Ilustrasi pelembap. (Freepik/jcomp)

Kalau glycolic acid masih termasuk tipe AHA, maka salicylic acid atau asam salisilat adalah salah satu tipe BHA. 

Asam salisilat larut dalam minyak, artinya dapat menembus pori-pori kulit untuk melarutkan sebum dan sel-sel kulit mati yang membentuk komedo.

Sayangnya kandungan ini tidak sesuai untuk kulit kering, lebih disarankan untuk yang punya kulit berminyak. Kandungan ini ada dalam produk pembersih wajah, serum, spot treatment, dan masker wajah.

4. Azelaic Acid

1630140411-skincare.jpgSumber: Produk Skincare (Unsplash/Chi)

Kandungan satu ini memang tidak sepopuler tiga kandungan sebelumnya. Namun azelaic acid bisa membantu kamu yang bermasalah dengan komedo. 

Azelaic acid adalah komedolitik, artinya kandungan ini membantu memecah komedo kecil yang ada dan mencegah pembentukan yang baru. Minimalnya penyumbatan di pori-pori kulit pada akhirnya menyebabkan lebih sedikit jerawat.

Kandungan ini sifatnya lebih lembut, jadi prosesnya juga lebih lambat dibandingkan kandungan asam lainnya. Kamu bisa menemukan kandungan ini di produk perawatan kulit berjerawat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait