menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

4 Cara Biar Nggak Baper di Tempat Kerja

Itha Prabandhani,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Cara Biar Nggak Baper di Tempat Kerja
Image: istimewa

Jakarta - Saat dibanjiri dengan banyak pekerjaan dan menghadapi tuntutan kerja, kita rentan untuk menjadi emosional atau membawa perasaan alias baper di tempat kerja. Kalau sudah begitu, pastinya energi kita akan sangat terkuras karena nggak cuma fisik yang capek, tapi juga psikis.

Kebiasaan seperti ini jika diteruskan nggak bakalan bagus buat kesehatan mental kamu, guys. Karena, kamu nggak seharusnya bekerja “pakai hati”. Ini nggak sama artinya dengan bersikap acuh tak acuh atau kejam terhadap rekan kerja loh, ya? Namun, kamu harus bisa membuat keputusan dan melakukan tindakan secara profesional, bukan menurut perasaan.

Yuk, simak beberapa cara berikut ini biar kamu nggak baper di tempat kerja.

1. Batasi Akses Pekerjaan Melalui Gawai
Saat kamu sudah di rumah, batasi pemakaian gawai yang berhubungan dengan pekerjaan. Jika memungkinkan, gunakan dua ponsel, satu untuk kepentingan pribadi, dan satu lagi untuk pekerjaan. Beberapa jenis pekerjaan mungkin mengharuskan kamu untuk selalu on-call. Namun, biasanya situasi itu hanya untuk keadaan darurat. Selebihnya, gunakan waktumu untuk istirahat dan bercengkerama dengan anggota keluarga.

Menjadi available setiap saat untuk pekerjaan, rawan membuat pikiran dan emosimu “diambil alih” oleh pekerjaan. Akibatnya, ketika ada masalah, kamu akan melampiaskannya pada semua orang di sekitarmu, termasuk orang-orang terdekatmu.

1588035775-baper-di-tempat-kerja2.jpg

2. Lihat 'Bigger Picture'-nya
Hindari terlalu berkutat dengan masalah dalam pekerjaan. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa masalah tidak akan pernah ada habisnya. Begitu juga ketika kamu mengalami kegagalan. Kegagalan dalam satu tugas, tidak berarti seluruh kariermu hancur. Kecuali kamu melakukan sesuatu yang melanggar hukum, ya.

Cobalah untuk mundur beberapa langkah supaya kamu bisa melihat keseluruhan masalah dengan gamblang. Jadi, ambillah waktu untuk jengkel dan frustasi, lalu cobalah untuk menerima keadaan seperti apa adanya.

1588035767-baper-di-tempat-kerja3.jpg

3. Minta Tolong
Saat kamu kewalahan dengan banyaknya pekerjaan, kamu akan mudah sekali merasa tertekan. Karena itu, jangan ragu untuk minta tolong pada rekan satu tim untuk berbagi tanggung jawab. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terlalu terbebani karena ada orang-orang yang bisa kamu andalkan.

1588035760-baper-di-tempat-kerja4.jpg

4. Cintai Apa yang Kamu Lakukan
Pekerjaan dan karir akan bisa berubah karena situasi. Karena itu, kamu perlu “jaga jarak” dengan pekerjaanmu. Namun, cintai apa yang kamu lakukan. Sehingga, ketika kamu harus berpindah ke tempat kerja baru atau beralih profesi, kamu tidak akan merasa kehilangan jati dirimu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait