Jakarta - Setiap orang pasti menginginkan hubungan yang nyaman dengan pasangan. Tapi, kalau kamu terus-terusan bertengkar sama pasangan bisa jadi salah satu indikasi kamu lagi menjalani hubungan yang nggak sehat alias toxic relationship.

Toxic relationship bisa membawa dampak negatif buat kesehatan seseorang, lebih parahnya lagi hubungan yang nggak sehat bisa bikin trauma secara psikis. Ciri-ciri dan bentuk toxic macam-macam jenisnya dan apa yang dimasksud 'toxic' bagi setiap orang berbeda dengan yang lain.

Tapi kalau pasangan nggak suka melihat kamu sukses, suka bentak-bentak di depan umum atau bahkan pernah melakukan sexual dan physical abuse, hubungan kalian sudah dipastikan nggak sehat.

Baca Juga: Tanda Si Dia Sudah Malas Jalani Hubungan Denganmu

Orang-orang yang terjebak dalam toxic relationship biasanya seringkali nggak sadar. Tapi kalaupun sadar, mereka susah memutuskan hubungan karena sudah terlalu lama bersama.

Padahal kalau dibiarin begitu saja, bisa berdampak buruk buat kesehatan kamu loh. Energi kamu jadi banyak terkuras dan bikin kamu capek secara fisik juga mental. Terus gimana sih caranya keluar dari hubungan yang nggak sehat alias toxic relationship?

Sederet cara berikut bisa kamu coba, Urbanreaders!

1. Kenali Tipe Hubungan dengan Pasangan

Keluar dari toxic relationship memang nggak mudah, apalagi kalau kamu sudah berpacaran cukup lama dan terlanjur sayang. Tapi bukan berarti kamu diam dan membenarkan semua kelakuan buruknya. Untuk keluar dari hubungan yang nggak sehat, kamu perlu tahu dulu apa yang membuatmu merasa nggak nyaman menjalani hubungan itu.

Hubungan yang nggak sehat bisa terjadi karena komunikasi yang buruk. Jadi, katakan hal itu secara baik-baik dan minta penjelasannya dan cobalah untuk saling mengerti dan saling memperbaiki diri.

2. Minta Bantuan Expert

Saat hubungan sudah sangat tidak sehat dan banyak melibatkan kekerasan lebih baik diakhiri secepat mungkin. Keluar dari hubungan relationship memang bukan hal yang mudah, kamu bisa meminta saran dan bantuan expert. Ceritakan masalah hubunganmu dengan psikolog dan mintalah saran mereka.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Kamu Terbebas dari Hubungan ''Toxic''

3. Kuatkan Hati untuk Putus

Kalau hubunganmu dengan masuk ke kriteria toxic dan nggak membuatmu bahagia, jangan ragu untuk putus. Kuatkan tekad dan jangan pernah berpikir untuk balikan sekalipun. Kalau perlu block kontak dan semua akun sosial medianya.

4. Fokus dengan Hal yang Bisa Bikin Bahagia

Kamu mungkin akan merasa sedih dan galau di awal-awal putus, tapi percaya deh kamu pasti akan merasa lebih bahagia kedepannya. Nah untuk mengurangi rasa sedihnya, coba alihkan pikiranmu dengan melakukan hobi. Hangout bareng teman dan orang-orang tersayang juga ampuh m engatasi rasa sedihmu loh.

Komentar
paper plane